Tips Kreatif

5 Hal Yang Perlu Kalian Ketahui Tentang Kreatifitas

Kreatifitas adalah sesuatu yang dibutuhkan manusia. Namun, terkadang mereka datang dan pergi disaat yang tidak pas.

Indiekraf.com – Kapan terakhir kali kalian mendapatkan ide yang cemerlang? Mereka bisa saja muncul disaat-saat ketika anda akan tidur atau mungkin kalian tidak punya waktu untuk memunculkan ide cemerlang itu?

Seperti yang ditunjukan pada acara “World Creativity and Innovation Day” yang diselenggarakan oleh PBB, banyak alasan mengapa kita perlu meluangkan waktu untuk berpikir. Dilansir oleh weforum.org berikut 5 hal yang perlu kalian ketahui tentang kreatifitas:

1. Kreatifitas itu Bermanfaat untuk Perekonomian

Menurut konferensi yang diselenggarakan PBB tentang pembangunan dan perdagangan (UNCTAD) Creative Economy Outlook report 2018, ekonomi kreatif telah menguat. Antara tahun 2002 dan 2015, pasar global dengan produk kreatif seperti desain, fesyen, dan film telah menguat hingga 2x lipat, dari $208 juta hingga $509 juta.

Bergabungnya ekosistem kretifitas digital dimana informasi, media dan konten kreatif bersatu dalam lingkup digital menjadikan ide – ide dan informasi tersebar dengan cepat secara global, memunculkan potensi berkembangnya ekonomi kreatif.

Semakin kita terhubung, semakin besar permintaan akan konten berkualitas, produk kreatif dan jasa – jasa seperti itu.

2. Bagus untuk Lingkungan

Saat ini ekonomi kreatif telah berperan dalam berkembangnya social entrepreneurship, pesatnya penyebaran ide-ide cemerlang, dan bagaimana manusia berbagi perekonomian. Karena itu, menurut laporan dari UNCTAD: “Ekonomi kreatif memberi dampak dan inspirasi generasi saat ini dan masa depan untuk melindungi planet kita, masyarakat, budaya, dan sumber daya alam dan karena itu kontribusi yang diberikan ekonomi kreatif sebagai jalur pengembangan yang lebih kuat.

Baca Juga: Mau Bikin Content Marketing? Ingat, Jangan Lupakan 4 Hal Berikut Ini Ya

3. Adanya Alasan – alasan Mengapa Beberapa Orang Lebih Kreatif

Seorang Neuroscientist Roger Beaty memindai otak beberapa orang saat mereka sedang melakukan sebuah tes sederhana yaitu tes “divergent thinking”. Dimana tes ini melibatkan produksi ide tentang bagaimana menggunakan sebuah barang dengan cara yang tidak wajar.

Roger dan timnya menemukan bahwa semakin orisinil ide seseorang, semakin kuat koneksi pada jaringan otak “High-network”.

“Hasil yang kami dapatkan menunjukan bahwa orang yang kreatif lebih mampu mengaktifkan jaringan – jaringan pada otak secara bersamaan dimana pada umumnya mereka bekerja secara terpisah.” Kata Beaty di sebuah artikel dalam tajuk berita “The Conversation”.

Kreatifitas via asdar.id

4. Sangat Penting dalam Kepemimpinan

Menurut studi IMB 2001 yang diikuti 1500 CEO mengungkapkan bahwa kreatifitas adalah kemampuan yang sangat penting untuk para pemimpin. Mereka yang menganggap kreatifitas adalah satu dari tiga sifat kepemimpinan, 20% lebih mengejar inovasi dengan mengubah model bisnis mereka.

Tak ada yang lebih penting dari seorang pemimpin yang kreatif. Seperti laporan IMB yang menyatakan “Untuk bisa beroperasi secara efektif pada lingkungan yang berubah – ubah, pemimpin yang kreatif akan menyemangati dan bereksperimen dengan berbagai bentuk invoasi model bisnis.”

5. Sangat krusial untuk pekerjaan di masa depan

Future of Jobs Report oleh forum ekonomi dunia memprediksi bahwa kreatifitas, inovasi dan ideasi akan menjadi kemampuan utama para pekerja di masa depan. Hal ini disebut juga sebagai soft skill, berdampingan dengan analytical thinking dan problem-solving akan menggantikan pekerjaan manual yang menjadi otomatis.

Sumber :
https://www.weforum.org/agenda/2019/04/5-things-you-need-to-know-about-creativity

@Tachun/indiekraf

Tag
Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button
Close
Close