Tips Kreatif

5 Tips Sukses Hari Pertama Kerja untuk Penerima Kartu PraKerja

Indiekraf.com | Hari pertama kerja bisa saja jadi momen yang mendebarkan. Apalagi bagi para fresh graduate yang ikut dalam Program PraKerja Pemerintah RI, kegelisahan yang muncul adalah hal wajar. Sebab setelah ini, mereka akan terjun ke dunia baru melalui program prakerja dan pelatihan online, berbeda 180 derajat dengan kehidupan semasa sekolah atau kuliah. 

Saat bekerja, kamu akan dihadapkan pada tanggung jawab baru, lingkungan baru, komunitas baru, dan suasana baru pula. Berbagai kekhawatiran yang berputar-putar di kepala agaknya harus mulai kamu lenyapkan karena tantangan baru telah bersiap menanti kamu di depan. Agar hari pertama kerja berjalan lancar, kamu mesti menyimak 5 tips berikut:

1. Berangkat Lebih Awal

Tips pertama agar hari pertama kerja berjalan lancar adalah berangkat lebih awal. Datanglah 10 atau 15 menit sebelumnya, bahkan jika perlu pasanglah alarm agar paginya kamu bisa bangun tepat waktu. Ini berguna untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi selama perjalanan, misalnya kendaraan tiba-tiba mogok atau gangguan-gangguan lain. Berjaga-jaga tidak ada salahnya, kan?

Datang lebih awal di hari pertama kerja juga memberi keuntungan supaya kamu bisa punya waktu untuk minum sejenak, merapikan pakaian, mengurus administrasi kantor atau mengurus akses-akses lainnya berkaitan dengan status kamu sebagai bagian baru perusahaan. 

2. Percaya Diri dan Berikan Kesan Baik

Hari pertama kerja pasti diwarnai dengan perkenalan dan pertemuan dengan banyak orang baru. Tenang. Kamu pasti gugup tapi cobalah untuk percaya diri. Ingatlah bahwa kamu adalah yang terbaik dari sekian banyak orang yang terpilih untuk  bisa bekerja di sana, jadi tak perlu terlalu rendah diri.

Perkenalkan diri kamu dengan percaya diri. Temui semua orang, jangan lupa tebar senyum, jabat tangan dengan genggaman yang pasti, jangan buru-buru ingin dilepas. Berikan kesan yang baik setiap kali berkenalan dengan orang baru.

3. Lakukan Tugas dengan Antusias

Hari pertama kerja mesti kamu jadikan ajang untuk mencetak impresi yang baik bagi orang-orang di sekelilingmu. Lakukanlah semua tugasmu dengan ceria dan antusias. Buktikan bahwa perusahaan tidak salah memilihmu, keluarkan skill terbaik, tunjukkan bahwa kamu juga mampu bekerja setara dengan rekan-rekan kerjamu yang lain.  

4. Jangan Segan Untuk Bertanya

Sebagai anak baru, sangat wajar kalau kamu belum banyak tahu tentang berbagai hal. Karena ini masih hari pertama kerja, kamu barangkali belum paham bagaimana sistem kerja yang berlaku, cara mengoperasikan alat-alat tertentu, atau mungkin posisi toilet dan pantry. 

Jangan segan untuk bertanya pada rekan kerja, mereka pasti memaklumi seorang fresh graduate  yang belum banyak pengalaman kerja. Tapi ingat, sebelum memutuskan bertanya, cobalah terlebih dahulu untuk berinisiatif memecahkan sendiri masalah kamu. Baru jika kamu temui kesulitan, tanyalah pada orang-orang sekitar. Bertanya juga membuka peluang bagi kamu untuk memulai percakapan dengan teman-teman kerja. 

5. Bergabung saat jam Makan Siang & Cobalah Memulai Pembicaraan

Momen istirahat makan siang bisa kamu manfaatkan untuk mengobrol bersama rekan kerjamu dengan lebih santai. Suasana yang informal seperti ini mesti kamu manfaatkan untuk mempelajari karakter mereka. 

Jangan sungkan untuk memulai pembicaraan. Basa basi ringan perlu juga dilakukan sebagai upaya kamu beradaptasi dengan orang-orang di sekeliling. Berbaurlah tapi tetap jadilah pribadi yang sopan dan ramah.

Hari pertama kerja merupakan saat-saat beradaptasi. Tidak masalah jika kamu melakukan beberapa kesalahan. Banyak-banyaklah mendengarkan dan mengamati orang-orang sekitar, lalu belajarlah dari mereka. Jangan lupa untuk selalu bersikap ramah dan sopan pada siapapun. Semoga berhasil!

Penulis :

Lisa Novita Sari
Content Marketing Labs (cmlabs.co)
in Collaboration with @indiekraf

Baca Juga :

 

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button