Pelaku Kreatif

5 Wadah Marketplace Lokal Rasa Internasional

Ditulis oleh : Rossya Adha

INDIEKRAF – Zaman sekarang yang sudah dipenuhi dengan kecanggihan teknologinya. Membuat para pegiat industri kreatif berlomba-lomba dalam menciptakan suatu inovasi yang tentunya akan berguna untuk masa depan negara bangsa. Berbagai macam cara yang dilakukan oleh para pelaku bisnis untuk menjualkan produknya. Salah satunya adalah menjual barangnya melalui “Marketplace”. Tujuan dari marketplace adalah memudahkan penjual untuk menjualkan produknya dari segala jenis kategori hingga mencapai target nasional maupun internasional.

Terdapat beberapa contoh yang bisa dijadikan referensi untuk membantu menjual produk anda:

  1. Etsy

Source : etsy.com  

Merupakan marketplace yang menghubungkan penjual dan pembeli dari segala penjuru dunia mulai dari nasioanl hingga internasional baik secara online maupun offline dengan menjual atau membeli produk-produk handcfart unik. Meskipun platform ini dirilis di New York, namun tak menutup kemungkinan banyak juga produk-produk Indonesia yang dipasarkan melalui platform ini. Bahkan dari segala kategori produk handmade ditawarkan diplatform ini. Namun, memasarkan produk di Etsy bukanlah suatu hal yang mudah para calon pengguna harus melewati beberapa tahapan untuk mendaftar sebagai anggota dan para penjual akan dikenakan biaya yang cukup mahal untuk berjualan di platform ini.

  1.     Qlapa

Source : teknovaganza.id

Dibentuk oleh Benny fajari, merupakan situs web yang menghubungkan antara pembeli dan penjual secara online. Keunggulan dari fitur ini adalah menawarkan kepada para penjual untuk mendapatkan pesanan yaitu kostumisasi dari pelanggan. Lalu pelanggan juga bisa melakukan sistem pre order. Ada yang unik dari marketplace ini, yaitu transaksinya menggunakan rekening bersama yang dijamin keamanannya. Dengan fasilitas yang digunakan untuk memudah para pengrajin diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas produk.

  1.     Craftline


Source : Craftline

Memilih fokus kepada produk-produk kerajinan tangan khas atau tradisional Indonesia. Marketplace Craftline bertujuan untuk menjual, mengenalkan serta mempromosikan seluruh jasa atau produk kepada pasar global. Konsep utama dari marketplace ini adalah karena banyaknya industri kreatif tradisional yang berada di Indonesia. Pendiri Craftline, Rois Abidin mengungkapkan bahwa ia merasa miris dengan kondisi produk lokal atau tradisional yang kian tenggelam digantikan oleh produk luar. Melalui marketplace ini, diharapkan para penjual dapat dengan mudah memanfaatkannya untuk menawarkan produk-produk mereka dengan pelanggan yang spesifik diharapkan dapat meningkatkan transaksi penjualan.

  1.     Kuka

Source : Kuka

Tito adalah pendiri marketplace ini yang berdiri sejak September 2015, adalah seorang pengusaha yang pernah menetap selama 15 tahun di Amerika Serikat. Kuka adalah sebuah marketplace yang mewadahi para penjual untuk bertemu dengan konsumen tidak hanya lokal maupun internasional. Melihat dari besarnya potensial produk-produk handmade membuat Tito bertekad untuk mewadahi para penjual handmade yang ingin memasarkan produknya. Sebagian orang di Indonesia sudah mempromosikan barangnya lewat marketplace Kuka.

  1.     Inacraft-mall.com

Merupakan marketplace pertama yang mengkhususkan kepada produk-produk kerajinan dan handicraft yang ada di Indonesia. Fakta yang mengejutkan lagi bahwa platform ini merupakan salah satu proyek terbaik dari ASEPH (Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia). Seperti platform pada umumnya yaitu memudahkan penjual untuk bertemu dengan pembeli yang minat terhadap kerjinan Indonesia. Para pelaku industri kreatif juga bisa menawarkan produk mereka secara digital.

Dari banyaknya platform-platform yang ditawarkan, anda sebagai pengguna harus pintar dalam memilih marketplace yang akan menjadi tujuan anda dalam memasarkan produk-produk anda. Karena dengan banyaknya marketplace yang bertebaran membuat ke-konsistensi-an anda diuji. Manfaatkanlah fasilitas marketplace yang bisa diakses secara online dan akan memudahkan bisnis anda.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close