Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifFilm Animasi dan VideoIndustri KreatifKabar Kreatif

Apa Beda YouTube Shorts dan TikTok? Simak Penjelasannya!

Indiekraf.com – Meski terbilang ‘muda’ ternyata tak sedikit masyarakat yang penasaran dengan YouTube Shorts. Fitur terbaru di platform YouTube ini telah menarik perhatian. Hal ini lantaran kemiripannya dengan aplikasi TikTok maupun fitur Instagram Reels. Lalu, apa beda YouTube Shorts dan TikTok?

Apa Beda YouTube Shorts dan TikTok? Simak Penjelasannya!

Belum lama ini, YouTube mengeluarkan fitur terbaru mereka yaitu YouTube Shorts. Meski terbilang mirip dengan aplikasi hingga fitur di platform lain, ternyata banyak orang yang penasaran dengan perbedaan di fitur ini. Kini saatnya kita mengulik apa beda YouTube Shorts dan TikTok maupun aplikasi lainnya?

Nyatanya, pada YouTube Shorts pengguna bisa menikmati berbagai video dengan durasi 16 hingga 60 detik. Hal itu mirip sekali dengan yang ada pada aplikasi TikTok. Namun, keunggulan yang YouTube Shorts miliki ialah pilihan lagu atau audio yang beragam. Selain itu, audio-audio tersebut hadir dari pustaka konten yang sudah dimiliki YouTube.

Apa Beda YouTube Shorts dan TikTok, Apakah dari Segi Filter?

Pengguna YouTube kini sedang ramai-ramai mengamati keberadaan YouTube Shorts ini. Karena, beberapa hal ternyata tak jauh berbeda dengan yang ada di aplikasi TikTok hingga Instagram Reels. Mungkin, pustaka konten dari audio YouTube menjadi salah satu keunggulan terbesar dari fitur ini dibanding aplikasi lain.

Namun, sangat disayangkan karena YouTube tidak menyediakan fitur ‘filter’ seperti yang ada pada aplikasi TikTok. Hal ini tentu menjadi pro dan kontra bagi sebagian orang. Karena untuk beberapa pengguna, ‘filter’ bisa membuat konten mereka terlihat lebih menarik.

Apakah YouTube Shorts Bisa Menghasilkan Uang?

Hal ini menjadi pertanyaan yang cukup banyak datang dari pengguna YouTube. Kini pihak YouTube sendiri tengah serius menggarap adanya fitur baru ini. Kabarnya, mereka juga sedang menyiapkan dana yang tak sedikit untuk ‘menggaji’ kreator konten di fitur tersebut. 

Hal itu diberi nama ‘YouTube Shorts Fund’ dan akan mulai didistribusikan kepada para kreator di tahun ini. Dana yang sudah disiapkan akan menjadi ‘suntikan’ semangat untuk para kreator yang berhasil menarik engagement terbesar. 

Baca Juga Peraturan Baru, YouTube Membatasi Menampilkan Wajah Seseorang, Apa Maksudnya?

Related Articles