Acara KreatifDesain ProdukIndustri KreatifKabar KreatifKriyaMbois MediaPelaku Kreatif

D’Sil Handmade: Kerajinan Tangan Dari Malang Favorit Para Pejabat Internasional

Indiekraf.com – D’Sil Handmade adalah salah satu brand kerajinan tangan dari Malang yang berhasil membuktikan kualitas produk mereka di pasar internasional. Tentu perjuangan untuk memasarkan produk kerajinan tangan tidaklah mudah.

Lilis Indriawati, sosok wanita dibalik kesuksesan dari D’Sil Handmade menceritakan pengalamanya pada acara Malang Good Works Podcast #24. Wanita lulusan Tata Busana SMKK (Sekolah Menengah Kejuruan Kewanitaan) tersebut mengatakan bahwa semua ini berawal dari hobi menjahit yang disukainya.

Dari hobi tersebut, Lilis berhasil memproduksi berbagai macam souvenir seperti penutup bantal, tempat tissue, tas, hijab, hingga masker kain. Semua barang diproduksi secara handmade.

Baca juga Delice by Dite, Brand Soft Cookies Vegan yang Unik Dari Malang

Tentu kesuksesan D’Sil Handmade tidak terjadi begitu saja. Lilis menceritakan bahwa produk kerajinan tangan buatannya membutuhkan waktu 6 bulan untuk bisa laku pertama kali. Dengan gigih dirinya mencoba untuk menjualkan produknya ke toko oleh-oleh yang ada di Malang. “Harus berani malu menawarkan ke toko yang kita datangi. Seperti kita menjadi sales produk kita sendiri. Belajar dari situ, ga boleh malu, ga boleh takut, dan harus semangat,” ujarnya.

Terus mencoba untuk berkembang, pada tahun 2011, Lilis mulai mencoba untuk memasarkan produk miliknya melalui media sosial. “Seiring berjalannya waktu, ada media sosial, waktu itu masih belum fokus posting, terus dibuatin anak ku instagram,” ujarnya.

“Akhirnya saya posting, ada salah satu ibu-ibu beli dari media sosial. Beli satu sarung bantal kursi yang sudah di packing dengan bagus. Di setiap produk saya dulu belum ada label, tapi saya masukin kartu nama,” tambah Lilis. Disinilah awal cerita D’Sil Handmade dikenal banyak orang.

Baca juga Sam Suga Berhasil Memajukan Industri Fesyen Malang Hingga Tingkat Internasional | Malang Good Works #17

Kesuksesannya memasarkan produk di media sosial membuat Lilis berani untuk merekrut karyawan untuk membantunya karena pesanan yang terus bertambah. “Sekarang saya sudah memiliki karyawan sebanyak 5 orang, dan pegawai saya ibu-ibu sekitar rumah saya,” ujarnya.

Sebagai upaya untuk melebarkan bisnisnya, Lilis mencoba untuk mengikuti pameran yang ada di MOG, salah satu mall besar yang ada di Kota Malang. Dari situ, dirinya bertemu salah satu customer yang membuat brand D’Sil Handmade dikenal di dunia internasional.

Lilis bercerita bahwa customer yang ditemuinya tersebut kebetulan memiliki pekerjaan untuk bertugas di luar negeri. Ia tertarik untuk membawa produk D’Sil Handmade sebagai souvenir untuk dibagikan ke rekan kerjanya di luar negeri. Akhirnya hingga saat ini, Lilis masih rutin mengirimkan produknya ke Kedutaan Besar Negara Asing di Jakarta.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Related Articles