Acara KreatifDesain Komunikasi VisualDesain ProdukDigital KreatifIndustri KreatifKabar KreatifPelaku KreatifSeni PertunjukanSeni Rupa

Art Moments Jakarta Online: Pameran Seni Rupa Daring Tanah Air

Indiekraf.com – Pandemi saat ini tak lagi menjadi batas untuk berkarya. Hal ini dibuktikan oleh berlangsungnya pameran seni di tengah pandemi. Mengusung konsep daring, telah digelar acara ‘Art Moments Jakarta Online’. Acara yang keren dan menginspirasi ini bahkan sudah berlangsung hampir satu bulan lamanya, lho. Seperti apa pameran seni rupa ini?

Art Moments Jakarta Online: Pameran Seni Rupa Daring Tanah Air

Di awal pandemi, berbagai kegiatan mengalami pembatasan di berbagai sisi. Acara-acara yang biasa digelar secara luring mulai ditunda bahkan dibatalkan pelaksanaannya. Hal ini juga dialami oleh beberapa pelaku seni. Akan tetapi, tak sedikit juga yang menjadikan pandemi sebagai tantangan. 

Art Moments Jakarta Online 2021 adalah salah satu contohnya. Ajang tersebut merupakan pameran seni yang dilangsungkan secara daring dan luring. Konsep hybrid ini diusung karena perlunya pemasangan karya secara offline agar bisa dinikmati secara online. Ajang ini sudah berlangsung dari 1 Juni 2021 lalu dan dibagi menjadi tiga waktu terpisah di tempat berbeda. Terdapat tiga galeri yang berkontribusi di ajang ini yaitu Art Space:1, D Gallerie, dan CAN’s Gallery. 

Hadirnya Kemenparekraf di Ajang Art Moments Jakarta Online

Dalam acara tersebut, turut jadi Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dirinya mendukung acara ini sebagai momentum bangkitnya industri ekonomi kreatif di bidang seni. “Art Moments Jakarta hadir sebagai produk industri kreatif yang mempromosikan seni rupa dan juga budaya Indonesia. Ini merupakan momentum kebangkitan industri ekonomi kreatif terutama di bidang seni rupa yang akan dilakukan dengan pendekatan normal baru seperti penerapan aturan CHSE yang ketat dalam pelaksanaan event dan pamerannya,” terangnya.

Pihaknya berharap bahwa ajang ini bisa menjadi penggerak untuk pameran seni lainnya agar bisa terus produktif. Hal tersebut juga bisa memantik semangat untuk menonjolkan daya saing di masa depan.

Digitalisasi Bidang Industri Ekonomi Kreatif di Masa Pandemi

Berkaca dari ajang ini, Kemenparekraf memiliki beberapa kegiatan yang sudah dilakukan dengan memanfaatkan digitalisasi. Pandemi COVID-19 lah yang menjadi alasan utama untuk melakukan digitalisasi seperti yang sekarang tengah diupayakan. 

Bagi yang ingin mengunjungi Art Moment Jakarta Online 2021, dapat diakses secara daring di www.artmomentsjakarta.com.

Baca Juga Terminal Madyopuro Dijadikan Gelaran Pameran Seni Oleh Para Seniman Dan UMKM Kota Malang

Related Articles