Digital KreatifIndustri Kreatif

Bayar Tol Tanpa Antre Pakai MLFF, Berlaku Mulai Akhir Tahun!

Indiekraf.com – Siapa yang kadang masih sering ‘gregetan’ kalau harus antre saat bayar tol? Nah, kini ada inovasi terbaru untuk mengurangi masalah tersebut. Kabarnya, e-Toll akan diberhentikan pengoprasiannya pada akhir tahun 2022 ini lho. Dengan begitu, akan hadir inovasi bayar tol tanpa antre dengan MLFF. Penasaran kan? Simak beritanya berikut ini, ya!

Bayar Tol Tanpa Antre Pakai MLFF, Berlaku Mulai Akhir Tahun!

Jika kamu masih suka kesal tiap harus antre saat bayar tol, kini kamu sudah gak perlu kesal lagi. Pasalnya, sistem pembayaran dengan menggunakan e-Toll akan dicabut pada akhir tahun 2022 ini. Untuk kamu yang sudah penasaran, kini bayar tol tanpa antre akan diberlakukan dengan menggunakan MLFF. MLFF sendiri adalah singkatan dari System Multi Lane Free Flow. 

Adanya pencabutan dari e-Toll sendiri sudah diungkapkan melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) oleh Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR). Adanya perubahan sistem pembayaran jalan tol ini juga dilakukan menggunakan teknologi nirsentuh yang sekaligus mempercepat transaksi di gerbang tol.

Seperti Apa Cara Kerja MLFF?

Bayar tol tanpa antre ini ternyata cukup bikin penasaran ya, terutama dengan cara kerjanya. Jadi cara kerja dari MLFF sendiri akan menggunakan peran dari Global Navigation Satelit System (GNSS). Pengendara akan bergerak dengan kecepatan normal dan melewati gerbang tol. Nantinya, sistem tersebut akan melakukan transaksi secara otomatis lewat aplikasi di smartphone. MLFF juga akan terhubung dengan smartphone pengendara lewat aplikasi tertentu.

Nah, aplikasi tersebut yang sampai saat ini masih belum ‘ready’ nih. Implementasi dari pergantian sistem ini pastinya akan berlaku secara bertahap di tahun 2023. Tepatnya, sistem ini akan diberlakukan bertahap di ruas jalan tol Jawa dan Bali diikuti dengan ruas jalan tol lainnya. 

Baca Juga Kopi Kenangan Kemasan Botol Kini Hadir di Minimarket!

Arsitektur Sebagai Tolak Ukur Kemajuan Sebuah Kota | Malang Good Works Podcast #20

Negara Produsen Kopi Terbesar ke-4 di Dunia Ternyata Indonesia, lho!

Lagu Angel Baby yang Viral di TikTok, Apa Arti di Baliknya?

Related Articles