Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifKabar KreatifMusik

Berikut Ini List Lagu K-Pop yang Hilang dari Spotify!

Indiekraf.com – Dunia K-Pop sedang heboh beberapa waktu lalu. Tak heran, ternyata alasan dibaliknya adalah hilangnya beberapa lagu asal Korea Selatan dari Spotify. Spotify yang merupakan salah satu platform streaming musik andalan masyarakat ini pun mendapat banyak pertanyaan. Sebenarnya apa alasan lagu-lagu tersebut hilang? Serta apa saja list lagu K-Pop yang hilang dari Spotify?

Berikut Ini List Lagu K-Pop yang Hilang dari Spotify!
Sumber : creativedisc.com

Alasan dibalik Hilangnya Lagu K-Pop dari Spotify

Ternyata, jumlah lagu K-Pop yang tak bisa ditemukan lagi di platform Spotify memang tak sedikit. Jumlahnya bahkan mencapai ratusan lagu lho. Hal ini juga mengejutkan para penggemar genre tersebut lantaran tidak adanya pemberitahuan sebelumnya. Alasan mengapa lagu-lagu tersebut hilang pun semakin ramai dibicarakan di media sosial. Banyak pula fans yang berspekulasi tentang alasan dibalik kejadian ini.

Akan tetapi, Spotify dengan sigap memberikan tanggapan mengenai hal ini. Ternyata, lagu-lagu yang kini tak tersedia di platform tersebut adalah lagu yang didistribusikan oleh Kakao M. Lebih jelasnya lagi, Spotify mengatakan bahwa lisensi bersama dengan pihak Kakao M kini sudah resmi berakhir.

Keterangan Resmi Spotify Mengenai Hal Ini

Seakan ingin segera memberikan klarifikasi, Spotify sigap memberikan pernyataannya.  “Katalog Kakao M tidak lagi tersedia untuk pengguna di seluruh dunia 1 Maret 2021, karena berakhirnya lisensi,” tulis pihak Spotify. “Terlepas dari upaya terbaik kami, kesepakatan lisensi yang kami miliki dengan Kakao M (yang mencakup semua negara selain Korea Selatan) sudah berakhir.” tambahnya.

Pihak mereka juga mengatakan bahwa artis yang berada dibawah naungan Kakao M sudah tak lagi tersedia untuk para pengguna Spotify. Meski demikian, Spotify masih memberi sedikit harapan untuk para pengguna dengan mengupayakan untuk berkomitmen membantu pertumbuhan musik Korea.

Apa Saja Lagu K-Pop yang Hilang dari Spotify?

Sebagai penggemar genre musik tersebut, banyak para fans yang mencari tahu apa saja list lagu yang kini tak tersedia di Spotify. Beberapa lagu dari artis ternama seperti Taeyeon, IU, Mamamoo, Paul Kim, The Boyz, Secret Number, DPR Live, ASTRO, hingga Ong Seong Woo kini tak tersedia di platform tersebut. 

Untuk beberapa kasus, beberapa artis benar-benar hilang keterangannya dari Spotify. Namun ada juga artis yang hanya kehilangan beberapa lagunya dalam platform tersebut. 

Baca Juga Konser Online Gratis Ini Pecahkan Rekor Penonton Terbanyak! Seperti apa ya?

Related Articles