fbpx
Acara KreatifFesyenIndustri KreatifKabar KreatifKota KreatifKreatif TourismMbois MediaSeni PertunjukanWisata Kreatif

Bunulrejo Batik Fashion Street Meriahkan Perayaan Akhir Tahun 2020

Indiekraf.com – Kelurahan Bunulrejo telah terkenal dengan event festival batik di Kota Malang. Setelah sukses dengan acara sebelumnya yaitu Bunulrejo Recycling & Batik Night Carnival pada tahun 2019, tahun ini, mereka akan menggelar acara Bunulrejo Batik Fashion Street untuk menutup akhir tahun 2020. Apakah kamu tertarik untuk melihatnya?

Acara tersebut akan dilaksanakan pada hari Kamis, 31 Desember 2020 mulai pukul 08.00 WIB. Bertempat di Taman Puspa, Kampung Edukasi Batik RW 10 Bunulrejo. Namun sayangnya, acara ini hanya bisa diikuti oleh masyarakat dengan jumlah terbatas, tentunya dengan protokol kesehatan yang berlaku. Tapi jangan khawatir, bagi kamu yang ingin melihat keseruannya, Bunulrejo Batik Fashion Street dapat ditonton secara virtual melalui akun YouTube Kampung Kb Mbois.

Baca juga Event Fashtention Bersiap Bangkitkan Kembali Industri Fesyen Malang

Seperti yang diketahui, Keluharan Bunulrejo telah terkenal dengan desain batiknya yang khas. Bernama Batik Tulis Bunulrejo, batik ini memiliki sebuah ciri khas yang berbeda dengan daerah lain di Malang. Batik tulis tersebut merupakan produk budaya yang telah berkembang dengan berbagai macam motif yang menarik.

Batik tersebut juga memiliki nilai sejarah yang luar biasa. Hal ini dikarenakan hampir semua motif batik tulis khas Bunulrejo memiliki arti berdasarkan sejarah 935 Masehi dan Toponimi Bunulrejo. Pada event pertama di tahun 2019, mereka telah berhasil merilis motif baru bernama kantil. Untuk tahun 2020 ini, mereka berencana untuk merilis motif batik tirto telogo yang identik dengan RW 10 Bunulrejo. Selain itu, terdapat juga motif bunga klampis sesuai toponimi RW 7 Bunulrejo yang juga akan dirilis pada akhir tahun nanti.

Baca juga Mau Sukses di Industri Kreatif Fesyen? Jangan Sampai Lewatkan 4 Tips Keren Ini

Konsep event Bunulrejo Batik Fashion 2020 bisa dibilang sangat sederhana karena hanya melibatkan perajin dan designer lokal Bunulrejo. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar tidak membuat kerumuman yang dapat berpotensi untuk menyebarkan virus Covid-19. Meski dilaksanakan hanya dengan melibatkan warga lokal, acara ini tentunya telah mempersiapkan dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Ekosistem industri kreatif yang ada di Bunulrejo terus berkembang dengan baik. Hingga saat ini, mereka telah memiliki sekitar 60 pengrajin batik tulis yang aktif dalam berkarya. Dengan adanya acara fashion show tersebut diharapkan bisa membantu memperkenalkan hasil karya para pengerajin mereka ke tingkat nasional, bahkan internasional. Dengan begitu, potensi budaya Bunulrejo untuk menarik wisatawan baru akan semakin besar.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Bunulrejo Batik Fashion Street, Sulap Trotoar Jalan Hamid Rusdi Jadi Catwalk Fashion Batik Virtual

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button