Sharing ExpertTips Kreatif

Catat! 5 Fakta yang Wajib dan Tidak Boleh Dilakukan di Industri Kreatif

Penulis : Rossya Adha

Ada berbagai cara dalam membangun suatu bisnis. Yang paling mendasar adalah seringnya dilakukan kegiatan eksekusi dan pengembangan suatu ide personal maupun secara team. Namun tahukah kalian bahwa dari sejuta ide-ide dan eksekusi yang dilakukan ada satu hal yang jangan sampai terlewatkan, yaitu pengembangan diri.

Berikut adalah sedikit “Do and Don’t” yang perlu di terapkan :

DO

  • DO : berkreasi dan berinovasi dalam menjalankan suatu bisnis sangat dibutuhkan. Selalu mencari kreasi baru, jatuh bangun dalam suatu percobaan memang diperlukan. Agar, kita bisa mengukur suatu kemampuan team atau pribadi.
  • DO : selalu terbuka dalam penyampaian suatu informasi atau inovasi, sehingga kita bisa menerima feedback positif atau negatif dari informasi yang kita dapat. Bisa juga untuk mengetahui apakah itu efisien atau tidak apabila  diterapkan kepada bisnis yang sedang dijalankan.
  • DO : true businessman selalu bertanya kepada mereka yang ahli dalam bidangnya. Selalu berdiskusi atau sharing tentang masalah yang sedang dihadapi dalam bisnis yang sedang dijalankan. Sehingga, masalah itu bisa perlahan-lahan menemukan titik terang.
  • DO : selalu menerima dan mencoba mengikuti update terbaru tentang hal-hal yang baru. Memiliki kemampuan dan kegigihan dalam belajar sesuatu yang baru. Selalu terbuka dalam pengalaman yang baru, selalu yakin karena perubahan itu perlu. Percaya diri dengan apa yang dilakukan.
  • DO : KERJASAMA. Sehingga terjalinnya networking yang luas.

DON’T

  • DON’T : berfikir untuk selalu berada di zona nyaman. Tidak tertarik untuk membuat suatu inovasi baru untuk pengembangan bisnis. Karena, menganggapnya tidak terlalu penting untuk mencoba sesuatu yang baru.
  • DON’T : selalu was was ketika mendapatkan informasi baru, dan tidak mau berbagi informasi tersebut kepada orang lain.
  • DON’T : terlalu percaya diri dan cepat puas atas pencapaiannya. Sehingga menganggap yang lain kurang begitu mempengaruhi terhadap bisnis yang sedang dijalankan. Sehingga tidak memerlukan saran dan kritik dari orang lain.
  • DON’T : tidak terlalu minat kepada berita-berita atau kejadian yang sudah berlalu. Hanya berbagi point-point tertentu saja yang akan diolahnya dan yang menurutnya akan bermanfaat kepada bisnisnya.
  • DON’T : FOKUS KEPADA KOMPETISI. Bisa jadi miss opportunity.

 

Source gambar : https://media.dewiku.com/thumbs/2018/06/27/18576-ilustrasi-perbedaan-bos-dan-pemimpin-yukbisniscom/745×489-img-18576-ilustrasi-perbedaan-bos-dan-pemimpin-yukbisniscom.jpg

 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close