Daftar Film Pendek Horor Indonesia yang Harus Ditonton, Nomor 6 Serem Banget!

Indiekraf.com – Industri perfilman Indonesia terus berinovasi dengan berbagai genrenya. Genre film horor menjadi satu dari sekian genre favorit yang mampu menyajikan kengerian dan ketegangan mendadak. Bila bosan dengan film layar lebar, Indonesia juga banyak memproduksi film-film pendek bergenre horor. Berikut ini daftar film pendek horor Indonesia yang harus kamu tonton! 

1. Singsot (2016)

Singsot menceritakan tentang seorang anak kecil yang sedang menginap di rumah kakek dan neneknya. Di awal film, ia diajari oleh kakeknya cara bersiul untuk berkomunikasi dengan burung peliharaan. Tetapi, nenek menegur dan mengingatkan bahwa sebaiknya tidak bersiul-siul di malam hari karena bisa mendatangkan entitas menyeramkan!

Screenshot film Singsot – Sumber: YouTube

Film pendek ini dibuat oleh Racavana Films dengan menggunakan Bahasa Jawa sebagai dialog. Kabarnya film ini telah menang Fiagra Horor Film Festival 2016 – Film Terbaik, Taman Film Festival 2017 – Film Horor Terbaik, dan Official Selection Jogja-Netpac Asian Film Festival 2016!

2. Sahur (2020)

Menariknya film Sahur, tiap adegan di-shoot menggunakan Samsung Galaxy Note 9. Plot film sederhana, hanya anak kos yang sedang makan sahur. Jam-jam sahur biasanya ada di jam 3 pagi, dengan suasana yang masih sangat sepi dan hening. Lalu seorang perempuan yang sedang sahur sendirian tersebut melihat ada sosok berwarna putih. Siapakah ia?

Screenshot film Sahur – Sumber: YouTube

Film ini terkesan menunjukkan sisi humor dengan kejutan plot twist di akhir. Mau tahu siapa sosok berwarna putih tersebut? Tonton saja videonya di sini.

3. Jaga Jasad (2023)

Jaga Jasad diproduksi oleh Erunda Production dengan latar belakang di negara Thailand, sepertinya. Walaupun begitu, film ini menggunakan Bahasa Indonesia dalam script-nya. Film Jaga Jasad berdurasi sekitar 18 menit dengan plot seorang laki-laki yang mendapatkan pekerjaan menjaga orang sakit.

Screenshot film Jaga Jasad – Sumber: YouTube

Saat menjaga orang sakit tersebut sendirian di malam hari, banyak kejadian janggal dan aneh mulai terjadi. Klimaks ada di akhir film dengan plot twist yang tidak terduga-duga sebelumnya!

4. Keno Molo (2019)

Keno Molo diproduksi oleh Middle Low dengan sinopsis seorang mahasiswi yang hendak pulang kampung saat libur semester. Tetapi dalam perjalan pulangnya ia mengalami banyak kejadian janggal yang berulang. Konsep film Keno Molo seperti dunia paralel dengan tokoh yang mengalami kejadian berulang kali.

Screenshot film Keno Molo – Sumber: YouTube

Telah ditonton selama lebih dari 800 ribu kali, film pendek horor ini mengambil latar Alas Roban di Jawa Tengah yang dikenal angker! Versi film pendek Keno Molo ada beberapa, dan Keno Molo yang ini adalah seri yang pertama.

5. Cicak-Cicak di Dinding (2021)

Salah satu film pendek horor Indonesia yang paling menarik adalah Cicak-Cicak di Dinding. Film ini merupakan film interaktif dengan 2 ending yang bisa penonton pilih sendiri. Plot dari film pendek ini adalah seorang anak perempuan yang sedang sendirian di rumah. Karena ketiduran setelah salat, ia terbangun di jam 9 malam dalam keadaan lapar. Saat di dapur, ia mendengar ada suara cicak. Lalu ia memutuskan untuk mencari tahu tentang suara cicak tersebut.

Screenshot film Cicak-cicak di Dinding – Sumber: YouTube

Durasi film Cicak-Cicak di Dinding pendek, hanya 2-3 menit saja, tetapi menariknya di menit-menit tertentu penonton dibebaskan untuk memilih jalan cerita mana yang ia inginkan. Ada 2 ending berbeda yang penonton dapat pilih dan keduanya sama-sama menyeramkan!

6. Keno Molo 2 (2019)

Keno Molo 2 telah ditonton sebanyak 1,1 juta kali di YouTube. Film pendek yang satu ini adalah versi kedua dari film Keno Molo sebelumnya. Menceritakan seorang ayah dan anak laki-lakinya yang sedang berhenti di pinggir jalanan Alas Roban di Jawa Tengah.

Screenshot judul film Keno Molo 2 – Sumber: YouTube

Di sepanjang film, penonton akan diajak mencari tahu apa yang sebenarnya sedang terjadi dengan bapak dan anak ini. Tiap runtutan cerita akan membawamu kepada rasa penasaran dan kengerian yang sangat tidak terduga-duga!

Nah, itulah daftar beberapa film pendek horor Indonesia yang harus kamu tonton. Film pendek horor Indonesia tak kalah juga dengan film layar lebar dengan cerita-cerita hingga plot twist-nya. Apalagi cerita-cerita yang dibawa film horor Indonesia biasanya mengandung mitos dan kepercayaan lokal yang bikin tambah ngeri saat ditonton. Enjoy!

Baca Juga:

Exit mobile version