Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri Kreatif

Demi Melindungi Anak-Anak, Pemerintah Italia Beri Ketegasan Begini Pada Tiktok, Akan Ada Juga di Indonesia?

Indiekraf.com-Pengguna aplikasi Tiktok di berbagai belahan dunia yang berjumlah jutaan, membuat siapapun bisa menjadi terkenal, namun karena belum adanya “filter” yang bisa menyaring konten-konten yang kurang baik, membuat setiap pengguna bahkan anak-anak bisa meniru atau bahkan melakukan hal yang kurang baik yang tentunya bisa merugikan pihak manapun.

Atas dasar itu, pemerintah Italia melalui regulator perlindungan data meminta secara tegas kepada Tiktok, agar tidak ada anak-anak yang menggunakan platform video singkat itu.

Baca juga :

“Langkah yang mereka adopsi sudah memberikan hasil yang signifikan, namun, belum cukup,” kata regulator Italia, melansir dari Antara, Kamis (13/5/21).

Lembaga tersebut meminta kepada Tiktok agar menghapus akun  pengguna dengan anak  umur di bawah 13 tahun. Lembaga milik pemerintah tersebut juga meminta kepada Tiktok untuk memberikan penjelasan bahwa aplikasi itu bukan untuk anak-anak di bawah 13 tahun.

Tiktok diharapkan mengembangkan kecerdasan buatan sehingga tidak ada lagi anak di bawah 13 tahun yang mengakali pendaftaran dan akhirnya menggunakan Tiktok.

Sejak Februari, menurut regulator, TikTok sudah meminta lebih dari 12,5 juta pengguna di Italia untuk mengonfirmasi usia mereka.

Sebelumnya , pada bulan Februari lalu Tiktok telah sepakat dengan otoritas Italia untuk memblokir pengguna berusia di bawah 13 tahun. Langkah tegas ini diambil setelah adanya kasus kematian anak perempuan berusia 10 tahun yang mengikuti tantangan menahan napas yang viral di Tiktok.

Baca juga:

Dari hasil penyelidikan, diketahui anak 10 tahun di Italia itu tewas setelah mengikuti sebuah tantangan dengan nama “blackout challenge”.  Dalam tantangan itu, seseorang ditantang untuk mencekik diri sendiri sampai ia pingsan. Harapannya, ia dapat bangun dan tersadar dalam waktu beberapa detik kemudian.

Related Articles