Kreatif TourismWisata Kreatif

Desa Penglipuran: Desa Terbersih di Indonesia, Kok Bisa?

Indiekraf.com – Jika berkunjung ke Pulau Dewata, pastinya ada segudang tempat wisata yang bisa dikunjungi. Tapi gak ada salahnya lho untuk kamu mengintip salah satu desa yang terkenal sebagai desa terbersih di Indonesia. Desa Penglipuran adalah desa yang kini dinobatkan menjadi desa paling bersih di Tanah Air, guys. Apa alasan desa ini menjadi desa terbersih ya?



Sejarah Desa dan Arti di Balik Namanya

Berlibur dan berkeliling Indonesia kini sudah lebih mudah karena aturan yang tidak serumit di awal pandemi. Kalau kamu berencana untuk berlibur ke Pulau Bali, cobain deh datang ke desa paling bersih di Indonesia. Desa tersebut adalah Desa Penglipuran yang ada di Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli. Ternyata desa ini sudah menjadi area wisata sejak tahun 1993, guys!

Dikutip dari situs Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Bangli, ada fakta unik nih di desa ini. Diketahui bahwa para leluhur dari penduduk desa ini dulunya datang dari Desa Bayung Gede yang terletak di daerah Kintamani. Sedangkan nama ‘Penglipuran’ sendiri punya arti kata yang unik. Kata tersebut berasal dari sebuah kata ‘Pengeling Pura’. Artinya adalah tempat suci untuk mengenang para leluhur di desa tersebut.



Selain punya sejarah yang sakral, ternyata desa ini juga dinilai ‘berprestasi’ lho. Dikutip dari indonesia.travel, Desa Penglipuran dinobatkan menjadi desa adat terbersih dunia. Desa adat ini pun menyabet penghargaan lain seperti Sustainable Destinations Top 100 versi Green Destinations Foundation. Mereka juga meraih ISTA atau Indonesia Sustainable Tourism Award di tahun 2017 lalu. 

Salah satu alasan di baliknya bisa jadi karena ditiadakannya alat transportasi di desa tersebut. Kabarnya, di desa tersebut sudah diberikan larangan mengendarai kendaraan bermotor di dalam desa. Tentunya hal ini membuat desa tetap asri dan memiliki udara yang lebih segar tanpa polusi.

Baca Juga Striemo Skuter Listrik, Inovasi Honda dengan Desain UnikTokyo di Money Heist Korea Jadi Viral, Siapakah Dia?
Line Today Bangkrut, Apa Alasan Di Baliknya?

Related Articles