Acara KreatifIndustri KreatifSeni Pertunjukan

Didik Nini Thowok: Kenalkan Budaya Indonesia Sejak Dini, Jadi Benteng Utama Pengaruh Asing

Indiekraf.com – Budaya menjadi identitas sebuah bangsa, sehingga memang harus dilestarikan. Hal tersebut yang disampaikan oleh Maestro Seni Tari Indonesia Didik Nini Thowok, ketika hadiri peringatan Hari Pahlawan 10 November di SDN Purwantoro 2 Malang.

Menurut DNT sapaan akrab Didik Nini Thowok, sangatlah penting bagi anak – anak untuk sejak sedini mungkin mengenal budaya dan seni tradisi. Karena dalam seni tradisi banyak terkandung nilai luhur karakter bangsa yang mampu menjadi penangkal dari efek negative budaya asing yang kini banyak ditakuti, karena bisa merubah budaya Bangsa Indonesia yang penuh keluhuran.

Oleh karenanya, DNT sangat mengapresiasi kegiatan peringatan Hari Pahlawan di SDN Purwantoro 2, yang banyak diisi dengan kegiatan budaya dengan beragam tarian serta musik tradisional. Dalam kesempatan ini SDN Purwantoro 2 memang menampilkan beragam seni tari, seperti Grebeg Jawa, Seni Karawitan, hingga pentas teatrikal untuk memperingati jasa para pahlawan yang gugur dalam peristiwa 10 November di Surabaya.

“Banyak sekali manfaat dari kita mengenalkan budaya dan seni sejak dini kepada anak – anak. Selain membentuk karakter dan kedisiplinan, ini adalah benteng utama dalam kita menghalau pengaruh buruk budaya asing yang kini mungkin merongrong anak – anak kita,” ucap DNT.

“Oleh karena itu saya sangat senang dengan apa yang dilakukan oleh guru, wali murid dan murid – murid di SDN Purwantoro 2 ini, yang sejak sangat dini sudah mengenalkan dan membentuk karakter berbudaya yang kuat kepada anak – anak,” lanjutnya.

Baca Juga:

Sementara Kepala Sekolah SDN Purwantoro 2, Pitoyo menyampaikan bahwa dia bangga bahwa seorang Maestro seperti DNT bisa hadir di tengah keluarga SDN Purwantoro 2. Ia berharap kehadiran DNT bisa memberikan motivasi kepada anak didiknya, agar terus bisa mengembangkan budaya dan seni.

“Alhamdullilah Bapak Didik Nini Thowok mau hadir di tengah – tengah kami. Meskipun tidak terlalu lama, namun motivasi dari beliau Insha Allah akan mampu membuat anak didik kami bisa semakin termotivasi dan bersemangat untuk terus mengembangkan seni dan budaya yang ada di lingkungan sekolah,” kata Pitoyo.

Selain memberikan motivasi kepada ratusan anak murid di SDN Purwantoro 2 Malang, DNT juga memberikan coaching clinic singkat terkait dengan menari dan juga karawitan. Kehadiran pria asli Banyumas ini cukup menyedot perhatian wali murid dan warga di sekitar yang tidak ingin melewatkan moment tersebut, dengan foto bersama atau juga meminta tanda tangan DNT.

Related Articles