Digital KreatifIndustri Kreatif

Edupongo Dapat Kepercayaan Kemenristekdikti Bangun Program Pendidikan

Edupongo jadi aplikasi asli Malang yang dipercaya oleh Kemenristekdikti

INDIEKRAF.COM – Aplikasi berbasis pendidikan asli buatan Arek Malang, Edupongo, mulai mendapatkan pengakuan secara nasional. Hal ini dibuktikan dengan digandengnya aplikasi buatan Inagata Software Development tersebut oleh pemerintah, melalui Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

“Saat ini Edupongo sudah bergabung dengan salah satu program Kemenristekdikti yaitu, Program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT). Program ini merupakan sebuah program pendanaan (seed funding) yang sudah dihelat sejak 2013 yang lalu,” ujar Founder Edupongo sekaligus CEO Inagata, M. Miftahul Huda.

Dia mengatakan, PPBT merupakan sebuah instrumen kebijakan dalam bentuk skema pendanaan inkubasi kepada perusahaan pemula/rintisan (startup) berbasis teknologi. Tujuannya, untuk meningkatkan daya saing start up semakin kompetitif di pasar global. Fokus perusahaan yang masuk program PPBT ini sendiri adalah produk yang sudah ada ditingkatan kesiapan teknologi (TKT).

Menurutnya, Edupongo berhasil terpilih setelah menyisihkan ribuan perusahaan rintisan lain dalam PPBT. Edupongo yang merupakan inovasi teknologi di bidang pendidikan dan telah dikembangkan selama tiga tahun terakhir, dinilai inovatif dan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Proses seleksi PPBT sudah diikuti oleh Edupongo sejak Oktober 2018 hingga Maret 2019 yang lalu,” ungkapnya.

Dia menambahakan, Setelah dinyatakan lolos dalam program seleksi Kemenrinstekdikti ini, Edupongo langsung digandengkan dengan lembaga incubator bisnis PENS Sky Venture Surabaya, yang sudah memiliki pengalaman dalam seed funding Ristekdikti. Setelah digandeng oleh Kemenristekdikti dan mendapat dukungan dari PENS Sky Venture Surabaya, kini Edupongo bisa terus mengembangkan teknologi pendidikan yang selama ini sudah dinikmati 70 lebih sekolah di 30 kota/ kabupaten se Indonesia.

“Edupongo terus berkembang, sehingga bisa dinikmati lebih banyak lagi lembaga pendidikan di tanah air. Selain itu, terus bersinergi dengan para pemangku kebijakan pendidikan, agar bisa bersama-sama memajukan pendidikan di Indonesia sebagai salah satu kekuatan bangsa dalam era persaingan global dan terbuka,” tambah dia.

Sementara itu, Edupongo sendiri merupakan sebuah aplikasi mobile yang mempermudah komunikasi antara wali murid dan juga sekolah. Melalui aplikasi tersebut, para wali murid, khususnya orang tua bisa mendapatkan berbagai macam informasi dari sekolah anaknya. Mulai dari kehadiran siswa di sekolah hingga berbagai macam pengumuman penting.

Ada berbagai macam fitur layanan yang disediakan pada aplikasi tersebut. Seperti Profil Sekolah, Profil Siswa, Live Chat dengan pihak sekolah, Fitur Pengumuman, Fitur Absensi hingga Fitur Pembayaran.

Tag
Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button
Close
Close