Digital KreatifFilm Animasi dan VideoIndustri KreatifInsightKabar KreatifOpini KreatifSeni Pertunjukan

Film June & Kopi Jadi Topik Perbincangan Hangat di Indonesia

Indiekraf.com – Industri perfilman Indonesia mencoba kembali bangkit dengan terus menciptakan film-film baru di tahun 2021. Salah satunya adalah dengan segera dirilisnya film June & Kopi. Film yang mengangkat tema persahabatan antara hewan dan manusia ini siap menghibur para penontonya.

June & Kopi menceritakan tentang persahabatan dua ekor anjing jalanan dengan sebuah keluarga yang baru menikah. Setelah diselamatkan oleh sepasang suami-istri, anjing yang bernama June dan Kopi tersebut harus belajar mempercayai dan menerima keluarga barunya. Salah satu hal yang menarik dari film ini adalah jenis anjing yang dipilih adalah jenis yang tidak biasa dipakai di film pada umumnya.

Baca juga Tayang Perdana di Asia Tenggara, Film kOsOng Sukses Tampil di LP FIlm Festival

Dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari Antara, Noviandra Santosa, sutradara film June & Kopi mengatakan bahwa pemilihan jenis anjing jalanan tersebut bertujuan untuk menunjukkan keberagaman jenis anjing yang ada di Indonesia. “Saya memilih untuk bercerita tentang anjing jalanan karena biasanya di film, semua anjingnya pure breed. Dan di Indonesia kita memiliki begitu banyak anjing jalanan dan tak sedikit juga anjing yang ditelantarkan. Anjing-anjing yang memainkan karakter June dan Kopi pun adalah anjing dari shelter. Mereka ditemukan di jalanan atau dibuang oleh pemiliknya,” jelasnya.

Inspirasi Noviandra dalam membuat film June & Kopi datang dari pengalaman pribadinya saat kuliah. Ia menceritakan bahwa pada saat menjadi mahasiswi, Ia sering mengurus banyak hewan dari tempat penampungan. Nama karakter anjing yang digunakan pun juga terinspirasi dari kisah perjalananya tersebut. Nama Kopi berasal dari anjing pertama yang pernah dia adopsi, yaitu Cody. Sementara nama June juga datang dari anjing yang juga pernah diadopsinya dengan kondisi hanya memiliki tiga kaki.

Baca juga 10 Film Original Netflix Terbaik Sepanjang Masa

“Saya ingin membuat film yang menyenangkan untuk ditonton semua orang dan berbeda dari film lainnya,” tambah Noviandra. June & Kopi akan tayang melalui platform video online Netflix pada tanggal 28 Januari 2021. Film ini dibintangi oleh Acha Septriasa, Ryan Delon Situmeang, dan Makayla Rose Hilli.

Seperti yang diketahui, industri film merupakan salah satu sektor industri kreatif yang terkena imbas dari pandemi Covid-19. Peraturan untuk menutup bioskop sangat berdampak pada para pelaku industri film, khususnya yang fokus untuk membuat film layar lebar. Namun, dengan adanya bioskop online seperti Netflix, Viu, dan Video, telah membantu industri film di dunia tetap berkembang.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Pertama di Indonesia, Kisah Persahabatan Manusia dan Anjing Hadir dalam Film ‘June dan Kopi’ – Pikiran Rakyat Depok

Related Articles