Aplikasi Digital dan GameDesain Komunikasi VisualDigital KreatifFilm Animasi dan VideoIndustri KreatifInsightKabar Kreatif

Film The Queen’s Gambit Berhasil Meningkatkan 1.100% Penjualan Permainan Catur

Indiekraf.com – Series terbaru Netflix The Queen’s Gambit telah menjadi salah satu film paling fenomenal di tahun 2020. Series yang berisikan 7 episode tersebut menceritakan tenang seorang pemain catur wanita yang diangkat dari novel karangan Walter Tevis dengan judul yang sama. Lalu, mengapa series tersebut menjadi film fenomenal?

The Queen’s Gambit mengambil latar belakang pada tahun 1960. Beth Harmon, sebagai karakter utama dalam film tersebut merupakan seorang gadis kecil genius yang memiliki bakat luar biasa dalam bermain catur. Di umurnya yang masih sangat muda yaitu 9 tahun, Beth berhasil menguasai permainan catur dengan sempurna. Bahkan, Ia mampu mengalahkan puluhan pemain catur profesional sekaligus dalam satu kali permainan.

Baca juga Viral! Karya Rertro The Queen’s Gambit Ciptaan Animator Indonesia Raih Apresiasi

Adanya film tersebut seperti memberikan kemajuan drastis pada perkembangan permainan catur. Dengan alur cerita dan akting dari para pemainya yang luar biasa, The Queen’s Gambit sukses menarik banyak penggemar di dunia. Hal tersebut ternyata berdampak pada peningkatatan konten online yang membahas tentang catur.

The Queen's Gambit (Netflix/ Charlie Gray © 2020)
The Queen’s Gambit (Netflix/ Charlie Gray © 2020)

Selain itu, permainan catur online Chess.com juga memperoleh manfaat akibat adanya film tersebut. Hingga saat ini, web server catur tersebut telah mencatar sekitar lebih dari 1 juta anggota baru setiap bulan sejak bulan Maret. Pada bulan November, mereka bahkan telah mencatat sekitar 2,8 juta pemain baru yang menggunakan situs tersebut.

Baca juga Tips Strategi Branding Menggunakan Media Film yang Efektif

Tak hanya di dunia online, The Queen’s Gambit juga ternyata memberikan dampak pada kenaikan jumlah pembeli papan catur di dunia. Salah satu toko bernama Goliath Games mengaku telah mendapatkan lonjakan 1.100%! Sungguh peningkatkan yang luar biasa. Hingga saat ini, film tersebut masih masuk dalam daftar 10 series paling populer di Netflix.

The Queen’s Gambit menjadi bukti bahwa film bisa menjadi media yang efektif dalam tujuan marketing sebuah produk. Film mampu menjadi media branding yang patut untuk dipertimbangkan. Jika dilakukan dengan benar, produk kita akan semakin dikenal bahkan dikenang oleh masyarakat luas. Salah satu contohnya adalah yang sudah dilakukan oleh film Filosofi Kopi.

Referensi

[1] ‘The Queen’s Gambit’ Chess Boom Moves Online

Related Articles