Aplikasi Digital dan GameDesain Komunikasi VisualDigital KreatifFilm Animasi dan VideoIndustri KreatifInsightKabar KreatifPelaku KreatifSeni Rupa

Viral! Karya Rertro The Queen’s Gambit Ciptaan Animator Indonesia Raih Apresiasi

Indiekraf.com – Wahyu Ichwandardi atau biasa disebut dengan Pinot kembali memberikan karya animasi luar biasa yang menarik perhatian dunia. Animator asal Indonesia tersebut sukses membuat animasi versi retro dari series terbaru Netflix yaitu The Queen’s Gambit. Karya tersebut terlihat sangat mengesankan dan begitu klasik.

Pinot membagikan langsung proses pembuatan karya retro tersebut melalui akun twitter pribadinya. Tak hanya hasil karya yang terlihat klasik, animator yang kini bekerja di Amerika tersebut juga membuatnya dengan komputer lama. Ciri khas karya yang dibuat oleh Pinot adalah kemampuannya untuk berkarya dengan sebuah komputer Macintosh 128K yang dibuat pada tahun 1984.

Foto via twitter @pinot
Foto via twitter @pinot

Pinot berhasil memvisualisasikan para pemeran yang ada di series Netflix The Queen’s Gambit seperti Beth Harmon, Benny Watts, Mr. Shaibel, Vasily Borgov, dan D.L. Townes. Karya tersebut dibuat dengan software IBM PC Storyboard 2.0. Terlihat sangat rapih dan detail, kita seakan dibawa kemasa tahun 80’an dengan cara yang menarik.

Baca juga Sosok Pinot W. Ichwandardi, Mendunia Dengan Karya Animasi Retro

Hasil karya retro tersebut berhasil dilirik oleh organisasi Chess Master Cube dari Inggris. Organisasi tersebut telah diciptakan pada tahun 2008 oleh komunitas pemain catur. Melalui akun twitternya, mereka telah melakukan kerjasama dengan Pinot untuk membuat game catur yang mencertikan tentang The Queen’s Gambit. Dalam game tersebut, kita berperan sebagai Beth Harmon (pemeran utama) yang akan melawan para pemain catur profesional yang ada dalam series tersebut yaitu Benny Watts, Mr. Shaibel, Vasily Borgov, dan D.L. Townes. Dengan tingkatan kesulitan yang berbeda di setiap pemainya, game catur ini akan memberikan suasana yang baru dalam bermain catur.

Baca juga Tips Bersaing di Industri Kreatif Global oleh Animator Internasional Pinot Wahyu Ichwandardi

Game yang benama The Queen’s Gambit – Retro Chess sudah bisa dinikmati di Google Play Store dan App Store dengan harga £1.99 atau sekitar 38.000 rupiah. Namun, kamu juga bisa menikmati game ini secara gratis untuk versi PC disini.

Adanya game catur tersebut tentunya mendapatkan respon positif dari pihak The Queen’s Gambit. “Oke jadi kalian membangun aplikasi Android retro untuk #TheQueensGambit dan kalian memberikannya sebagai versi web gratis yang berfungsi di PC / iOS / Android? Ini baru saja menyegarkan ketenangan kami, terima kasih telah berbagi,” tulis mereka melalui akun twitter @NetflixTheQG.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Related Articles