Film Animasi dan VideoIndustri Kreatif

Film Yuni Berhasil Wakilkan Indonesia di Oscar 2022!

Indiekraf.com – Kabar baik datang dari dunia perfilman Indonesia. Salah satu karya anak bangsa, film Yuni, maju ke ajang Oscar 2022! Film tersebut juga sebagai perwakilan Tanah Air dalam ajang bergengsi itu lho. Seperti apa sih cerita dari film Yuni ini?

Yuni Berhasil Wakilkan Indonesia di Oscar 2022!

Karya anak bangsa, film Yuni, menjadi salah satu film yang kini sedang ramai diperbincangkan di media sosial. Bagaimana tidak, film ini berhasil masuk ke ajang Oscar 2022 lho. Karya dari sutradara Kamila Andini ini juga sekaligus menjadi film yang mewakili Indonesia di ajang bergengsi tersebut. 

Kabar ini sendiri datang berdasarkan keputusan Komite Seleksi Oscar Indonesia 2021. Melalui kabar tersebut, ‘Yuni’ akan maju ke seleksi kategori ‘The International Features Film Award’. Sebagai Ketua Sineas dari Komite tersebut, Hanung Bramantyo memaparkan kabar gembira ini. “Berdasarkan penilaian komite yang ada, Komite Seleksi Oscar Indonesia 2021 menetapkan film berjudul ‘Yuni’ produksi Fourcolours Film dan StarVision sebagai film yang berhak mewakili Indonesia dalam ajang 94th Academy Award,” jelasnya.

Cerita Film Yuni yang Membuat Masyarakat Penasaran

Dengan ramainya pembicaraan warganet di media sosial, tentunya tak sedikit masyarakat yang ‘kepo’ dengan isi film Yuni. Film ini sendiri mengangkat cerita tentang masalah remaja perempuan yang ada di desa. Permasalahan tersebut berkaitan dengan pernikahan yang terkadang dilakukan secara terpaksa di usia muda. 

Dikutip dari Republika, terdapat beberapa alasan mengapa film Yuni layak untuk diajukan ke Oscar 2022. “Komite seleksi Oscar mengkaji bahwa film ‘Yuni’ mampu membawa penonton sangat dekat dengan masalah remaja perempuan dalam usia akil baligh. Di tengah perubahan zaman penuh paradoks, baik masalah patriarki, religi, perempuan, seks, dunia kerja, serta pendidikan.” lanjut Hanung.

Isu yang diangkat dalam film ini pun cenderung memiliki tema yang related dengan dunia rumah, sekolah hingga ruang publik remaja. Selain itu, film Yuni juga ternyata sudah mendapat penghargaan ‘Platform Prize’ di Toronto International Film Festival 2021. Keren banget, kan?

Baca Juga Film Perempuan Tanah Jahanam Berhasil Memecahkan Rekor Sekaligus Wakili Indonesia di Oscar 2021

Related Articles