Industri KreatifInsightKuliner

Gak Nyangka, Ini Alasan Harga Wasabi Asli Bisa Mencapai 3,7 Juta/Kg

Indiekraf.com – Kamu penggemar makanan sushi? Kalau iya, pasti sudah tak asing lagi dengan namanya wasabi. Yup, si hijau yang bisa memberikan sensasi rasa pedas ini ternyata memiliki harga yang sangat mahal lho. Tumbuhan asli jepang tersebut harganya bisa mencapai 3,7 juta per kilogram. Dengan harga yang semahal itu, akan menimbulkan pertanyaan “jadi, apakah wasabi yang selama kita makan di sushi tersebut adalah wasabi asli?”.

Ketahuilah bahwa ternyata, wasabi yang biasa kita konsumsi di sushi mungkin bukanlah 100% wasabi, namun mungkin merupakan produk olahan yang hanya mengandung 1-5% wasabi. Produk olahan tersebut banyak beredar di pasaran dengan harga yang murah.

Baca juga Ini Alasan Harga Melon di Jepang Mencapai 2 Juta Rupiah per Buah

Wasabi merupakan tanaman asli Jepang yang termasuk dalam tanaman herbal dari suku kubis-kubisan (Cruciferae/Brassicaceae). Tanaman ini memiliki aroma yang khas, biasanya disajikan dengan makanan khas Jepang seperti sushi atau sashimi. Rasa pedas yang diberikan bisa menusuk dari hidung sampai ke kepala, berbeda dengan sambal pada umumnya yang hanya membakar lidah kita.

Lalu, mengapa harga wasabi asli bisa mencapai 3,7 juta/kg?

Perlu diketahui, wasabi adalah tanaman yang paling sulit untuk ditumbuhkan secara komersial di dunia. Tanaman ini hanya bisa tumbuh secara alami di sepanjang aliran pegununggan yang ada di Jepang. Jika ingin menumbuhkanya, kita harus menyesuaikan kondisi tempat asal tanaman tersebut tumbuh.

Baca juga Belum Sah Berlibur di Malang Kalau Belum Coba 3 Bakso Bakar yang Populer Ini!

Tanaman herbal ini harus dialiri air terus menerus, menyukai tempat yang teduh dengan tanah berbatu atau kerikil. Selain itu, tanaman tersebut juga hanya bisa tumbuh di suhu sekitar 8-20 derajat celcius sepanjang tahun. Kelembaban yang terlalu tinggi, atau mineral yang salah akan dapat menyebabkan wasabi tidak bisa tumbuh secara maksimal. Wasabi juga sangat rentan terhadap hama dan penyakit, sehingga butuh perhatian ekstra ketat untuk menumbuhkanya.

Itulah salah satu alasan mengapa wasabi asli memiliki harga yang sangat tinggi. Selain itu, wasabi asli juga sangat jarang ditemukan di supermarket. Hal ini dikarenakan rasa pedas yang dikeluarkan dari wasabi berasal dari reaksi kimia yang terjadi ketika kita pertama menghancurkanya. Reaksi tersebut hanya berlangsung sebentar, sekitar 5 menit, setelah itu hampir semua rasa akan hilang di 30 menit selanjutnya.

Meski begitu, wasabi mengandung berbagai macam nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam sekali lahap, kita bisa mendapatkan karbohidrat, protein, serat, dan sedikit lemak. Selain itu, tanaman ini juga mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Wasabi is so expensive that the paste you eat with your sushi probably has less than 5% of the real thing
[2] Menguak 7 Manfaat Menarik Wasabi Bagi Kesehatan Tubuh

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button