Industri KreatifInsightKuliner

Ini Alasan Harga Melon di Jepang Mencapai 2 Juta Rupiah per Buah

Indiekraf.com – Jepang merupakan salah satu produsen buah melon terbaik di dunia. Berbagai macam jenis melon premium bisa didapatkan di negara tersebut. Bahkan pada tahun 2019 lalu, terdapat 2 melon dengan jenis Yubari King yang terjual dengan harga 5 juta yen atau hampir 7 ratus juta rupiah.

Selain itu masih terdapat buah melon premium yang biasa dibeli oleh masyarakat Jepang yaitu jenis Crown Melon. Jenis ini memiliki harga sekitar $200 atau 2,9 juta rupiah per buah.

Lalu, mengapa buah melon di Jepang memiliki harga yang sangat mahal?

Baca juga 5 Rekomendasi Restoran Korea di Malang

Dari jenis Yubari King, Crown, Andes, Higo Green, dan masih banyak lagi, buah ini tumbuh subur dan merupakan bisnis yang sangat menjanjikan di Jepang. Hal ini dikarenakan budaya memberi di Jepang (Japan’s gift-giving culture) yang menjadikan buah tersebut menjadi buah mewah atau premium.

Tak hanya dinilai dari rasanya, buah ini juga dinilai dari segi penampakanya. Crown adalah salah satu jenis melon yang paling terkenal. Jenis ini banyak ditemui di Tokyo dan memiliki sticker khusus khas mereka. Crown hanya ditanam di daerah Shizuoka, dan memiliki harga rata-rata $200 atau hampir 3 juta rupiah per bulan.

Fumiyoshi Chujyo merupakan salah satu keluarga yang sudah membudidayakan jenis melon tersebut selama 60 tahun. Dikutip dari businessinsider.com, mereka sangat memperhatikan dengan serius dan detail dalam menumbuhkan buah tersebut. Setiap melon membutuhkan waktu 100 hari untuk tumbuh. Jumlah air dan suhu pada di tempat budidaya harus terus diperhatikan.

Baca juga Mengintip Cara Warung Upnormal Membangun Brand Kuliner Berkelas Nasional

Crown melon memiliki 4 grade (tingkatan kelas): fuji, yama, shiro, dan yuki. Setiap melon yang memiliki cacat minor disebut yuki. Dari 100% melon yang dipanen, 55% memiliki grade shiro, 25% adalah yama, dan hanya 0,1% yang memiliki grade terbaik yaitu fuji.

Terlepas dari harganya yang sangat mahal, masih banyak masyarakat Jepang yang bersedia untuk membeli jenis melon tersebut. Berkaitan dengan budaya memberi di Jepang, mereka akan membayar mahal untuk memastikan hadiah mereka sempurna.

Penulis : Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] These melons can sell for as much as $22,500 each in Japan

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button