Digital Kreatif

Google Photos Akan Ganti Format, Pengguna Harus Segera Lakukan Ini

Indiekraf.com-Per 1 Juni 2021 besok, Google Photos akan berganti  format baru, dimana google photos sudah tak lagi gratis dan akan mulai dengan metode berbayar. Hal itu tentunya akan berdampak bagi para penggunanya.

Karena data dari pengguna yang ada di perangkat android baik itu foto maupun video bakal “disikat” oleh google photos, pengelola hanya akan memberikan batasan hingga 15 GB saja untuk tempat penyimpanan.

Melansir dari uzone.id, foto dan video yang sudah terlanjur berada di penyimpanan google photos akan tetap berada disitu, namun demikian, kondisi tersebut tidak akan lama, sehingga ada baiknya para pengguna bisa segera memindahkan atau mem-back up data yang ada di google photos ke tempat lain.

Baca juga:

Untuk bisa memindahkan data-data lama, caranya cukup mudah. Pengguna tinggal masuk ke pengaturan di dalam akun google photos, kemudian pilih back-up dan syc. Jika penggna kesulitan, ada cara lain yakni dengan mendownload semua foto yang ada di google photos kemudian masukkan kedalam hardisk portable.

Bulan Mei lalu, google photos meluncurkan sebuah fitur baru untuk membantu para pengguna mengatur data foto dan video yang ingin diback-up agar kuota 15 GB  yang dimiliki bisa tetap kosong. Google bakal memberikan petunjuk foto dan video mana saja yang bisa dihapus seperti foto yang nge-blur atau video yang memiliki kapasitas yang besar.

Baca juga:

Meski per tanggal 1 Juni 2021 nanti para pengguna masih bisa menyimpan data mereka di google photos hingga 3 tahun kedepan, namun google photos bakal memberikan notifikasi jika kuota storage telah mencapai 15 GB.

Sejatinya langkah ini merupakan upaya Google untuk memaksa dengan cara halus agar para pengguna mau berlangganan Google On. Aturan ini telah diumumkan sejak November lalu. Google One sendiri akan dibanderol dengan harga yang murah, hanya USD2 atau sekira Rp30 ribuan untuk berlangganan setiap bulannya dan mendapatkan tempat penyimpanan seluas 100GB.

Related Articles