Aplikasi Digital dan GameIndustri Kreatif

Google Play Music Segera Berhenti, Kok Bisa Ya?

Google Play Music sebagai salah satu platform untuk mendengarkan musik sudah tak asing lagi bagi para penikmat musik. Tapi ternyata layanan streaming musik ini akan segera berhenti beroperasi lho. Tepatnya bulan Desember 2020 mendatang, Google Play Music akan resmi berhenti.

Pemberhentian aplikasi ini akan dilakukan oleh Google secara bertahan. Pertama, Selandia Baru dan Afrika Selatan akan mengalami pemberhentian aplikasi tersebut di bulan September. Selanjutnya, di beberapa negara lain aplikasi ini akan berhenti beroperasi pada bulan Oktober. Hingga akhirnya bulan Desember ini layanan tersebut akan sepenuhnya ditutup. 

Baca Juga Membuat Landing Page Bisnis Pakai Carrd, Bisa Banget!

Bahkan, mulai bulan Agustus ini, Google telah memberhentikan transaksi pembelian musik melalui Play Store. Kira – kira kenapa ya Google Play Music harus berhenti? Ternyata, alasannya adalah layanan tersebut akan digantikan segera dengan layanan baru yaitu YouTube Music.  Pada beberapa bulan lalu dikabarkan bahwa YouTube Music akan memungkinkan pengguna Google Play Music untuk memindahkan playlist musiknya ke YouTube Music.

Tak hanya playlist, digadang seperti unggahan lagu dan rekomendasi lagu juga akan bisa dipindahkan ke platform baru mereka. Google juga menjanjikan bahwa YouTube Music akan memberikan banyak pemberitahuan yang terkait sebelum ditutupnya Google Play Music. Hal itu guna memastikan pengguna tetap bisa menggunakan aplikasi tersebut hingga waktunya ditutup kelak.

Baca Juga 5 Bakso Malang yang Wajib Kamu Coba!

 

Dikutip dari The Verge, jika kamu memiliki ponsel dengan sistem operasi Android 10, aplikasi YouTube Music akan terinstal secara otomatis untuk menggantikan aplikasi Play Music. GSMArena juga memaparkan jika nantinya akan ada fitur baru pada aplikasi musik milik YouTube itu. Hal itu seperti desain halaman pemutar yang baru, tab ‘Jelajah’ yang berbeda dari sebelumnya serta beberapa integrasi baru dengan layanan Google yang lain. Jadi untuk kamu yang sudah terbiasa pakai Google Play Music, jangan lupa berisap untuk pindah platform ya! 

Tag
Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button
Close