Industri KreatifKabar KreatifKreatif TourismMbois MediaWisata Kreatif

Hore! Bus DAMRI Pariwisata di Malang Akan Segera Beroperasi Kembali

Indiekraf.com – Kabar gembira bagi warga Kota Malang yang ingin berlibur ke pantai karena Bus Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (DAMRI) dengan rute Arjosari-Balekambang-Sendang Biru akan kembali beroperasi. Terobosan baru jenis transportasi pariwisata ini akan bisa membawa kamu mengunjungi wisata pantai yang ada di Kabupaten Malang dengan nyaman dan relatif murah.

Kamu bisa merasakan kenikmatan berwisata menggunakan bus ini hanya dengan mengeluarkan biaya Rp25,000 saja, Biaya ini bisa dibilang lebih terjangkau daripada harus pergi menggunakan motor. Cukup duduk manis di bus, kita tak perlu lagi merasakan capeknya mengendarai motor dari kota menuju pantai yang berada di Kabupaten Malang tersebut.

Baca juga Kelas! Ini Dia Jajaran Bus Buatan Indonesia Yang Super Mewah

Bus DAMRI ini merupakan sebuah terobosan transportasi murah yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan RI untuk membantu meningkatkan sektor pariwisata yang ada di Kabupaten Malang. Hal tersebut merupakan langkah yang sangat tepat mengingat bahwa Kabupaten Malang memiliki potensi pariwisata yang cukup besar, khususnya untuk wisata pantai. Namun, untuk saat ini, bus tersebut masih baru bisa melayani perjalanan ke Pantai Sendangbiru dan Balekambang.

Meski bisa memberikan dampak positif bagi para wisatawan, adanya bus DAMRI ini ternyata pernah mendapatkan protes dari beberapa kalangan masyarakat. Protes tersebut datang dari paguyuban sopir angkutan kota (angkot) dan pengusaha travel di Malang Raya yang menolak keberadaan bus tersebut. Oleh karena itu, bus DAMRi ini harus berhenti beroperasi terlebih dahulu.

Baca juga Indonesia Siap Luncurkan Bus Listrik, Asli Karya Anak Bangsa lho

Dikutip dari radarmalang.jawapos.com, Komunikasi Korporasi dan Protokol DAMRI Indonesia, Harys Kristanto mengakui bahwa terdapat perbedaan presepsi di masyarakat jelang launching bus DAMRI pada tanggal 15 Oktober lalu. Menurutnya, terdapat pihak yang menyebut bahwa bus ini akan merebut penghasilan transportasi lain.

”Adanya perbedaan pendapat ini akan kami lakukan proses mediasi kembali. Ini semua demi kepentingan dan kebutuhan masyarakat,” ujar Harys.

Dengan berhasilnya proses mediasi, akhirnya bus DAMRI rute Batu-Bromo, Batu-Tuban, dan Arjosari-Sedangbiru akan kembali beroperasi pada 16 November mendatang. Ada beberapa catatan yang harus diketahui oleh masyarakat yakni bahwa bus ini hanya khusus untuk wisatawan. Pihak dari DAMRI menjamin tidak akan mengambil penumpang dari transportasi lain, baik dari angkot maupun travel. Dengan beroperasinya kembali bus ini diharapkan mampu untuk mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Malang Raya

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Bus DAMRI Arjosari-Balekambang-Sendang Biru Jalan Lagi Bulan Ini
[2] Dukung Sektor Wisata, Bus DAMRI Buka Trayek Malang-Balekambang-Sendangbiru, Tiket hanya Rp 50 Ribu

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button