Acara KreatifDesain ProdukDigital KreatifIndustri KreatifKabar Kreatif

Indonesia Siap Luncurkan Bus Listrik, Asli Karya Anak Bangsa lho

Indiekraf.com – Ada kabar baik dari industri kreatif Tanah Air. Kini anak bangsa kembali melahirkan karya yang membanggakan. Meski kini sudah tak sedikit lagi anak negeri yang berhasil membuat karya yang keren, namun berita baik ini tetaplah menggemparkan.

PT Industri Kereta Api (INKA) kini akan segera meluncurkan bus listrik buatan anak negeri. Nama bus tersebut adalah E-INOBUS. Seperti tersirat dari namanya, bus listrik ini memang sengaja dibuat untuk menjawab segala tantangan serta kebutuhan transportasi bangsa yang ramah lingkungan di masa mendatang. Dikutip dari Liputan 6, Direktur Pengembangan PT INKA Persero, Agung Sedaju memberikan keterangannya. “Rencananya, perpres yang baru untuk angkutan dalam kota nantinya sebisa mungkin menggunakan bus listrik. Jadi, kami telah mempersiapkan diri untuk itu,” ucap Agung di Madiun pada Rabu (28/10) lalu.

Ia juga menyebutkan bahwa E-INOBUS kini sudah mengantongi Sertifikat Uji Tipe (SUT) kendaraan bermotor yang dikeluarkan oleh Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB). Dikutip dari Antara, INKA saat ini juga tengah menjalankan uji jalan untuk keperluan ketahanan terhadap E-INOBUS itu sendiri. Hal ini dianggap penting karena sebelum bus listrik tersebut diproduksi dan digunakan secara massal, perusahaan harus memastikan performa terbaik dari armadanya.

Baca Juga Walikota Sutiaji, Tantang Pelaku Industri Kreatif Kota Malang Bisa Berkelas Dunia

Agung juga menjelaskan bahwa bus listrik ini sudah sempat dipesan oleh pemerintah Kongo. Pesanan ini juga merupakan bagian dari kontrak proyek yang sebelumnya sudah ditandatangani INKA dengan Kongo. Perjanjian ini terkait dengan pengerjaan transportasi kereta dan listrik. Sampai dengan saat ini, pemesanan dari Kongo telah mencapai jumlah sekitar 360 unit. Pemerintah Kongo pun tampak tertarik dengan bus listrik ini saat mereka berkunjung ke INKA beberapa saat lalu.

Agung juga mengkonfirmasi bahwa Perusahaan Daerah Pemprov Bali juga sudah melakukan kontrak dengan INKA. E-INOBUS ini menjadi bentuk kerja sama dari PT INKA (Persero) dengan perusahaan asal Taiwan, Tron-E serta perusahaan karoseri lolak asal Kota MALANG yaitu Piala Mas.

Detail spesifikasi yang dimiliki bus listrik ini sendiri adalah panjang yang mencapai 8,1 meter serta lebar sekitar 2 meter. Kapasitas penumpang dari bus ini sebanyak 16 penumpang. Lalu, bagaimana dengan pengisian daya bus ini? Karena bus ini menggunakan tenaga listrik, maka untuk pengisian daya dibutuhkan waktu selama 3-4 jam untuk pengisian daya mencapai 200 kilometer.

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button