Acara KreatifIndustri KreatifKabar KreatifKota Kreatif

ICCN Bergegas Pulihkan Keadaan Ekonomi di Sektor Industri Kreatif

Indiekraf.com – Indonesia Creative Cities Network (ICCN) menggelar press conference pada hari Selasa (03/11) secara online mengenai persiapan menuju RAKORNAS pada tanggal 5 November nanti.

Dalam acara tersebut, Fiki C. Satari selaku Ketua Umum ICCN menjelaskan bahwa acara Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) ICCN tahun 2020 akan diselenggarakan di Banyuwangi pada tanggal 5-6 November nanti. Ini merupakan upaya ICCN untuk terus menguatkan kelembagaan internal mereka.

Baca juga Indonesia Pulih bersama 200+ Kota/Kabupaten Jejaring ICCN

Selain itu, akan diselenggarakan pula beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya adalah seminar nasional. Dalam seminar nasional ini akan dihadiri oleh para narasumber profesional meliputi Menteri Koperasi dan UMKM, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Gubernur/Wakil Gubernur dan bupati/walikota beberapa daerah di Indonesia termasuk tuan rumah bupati Banyuwangi serta perwakilan Chiang Mai City of Crafts & Folk Art UCCN, dan masih banyak lagi.

Tema acara RAKORNAS pada tahun ini adalah “Jenggirat Obah Bareng” yang berarti bergegas bergerak bersama. Tema ini berangkat dari semangat yang didengungkan olen Bupati Banyuwangi Bapak Azwar Anas dalam membangun Kabupaten Banyuwangi “Jenggirat Tangi” yang menjadi spirit kebangkitan Banyuwangi.

Semangat yang sama tersebut diusung dalam RAKORNAS ICCN tahun ini untuk bergegas bergerak bersama membangun Indonesia melalui kreativitas dan jejaring komunitas kreatif yang tersebar di seluruh nusantara.

Baca juga Ini 5 Komunitas Kreatif Penuh Inspirasi di Indonesia

Dalam acara press conference tersebut juga hadir perwakilan dari Kemenparekraf, Ibu Riski Handayani. Pihak pemerintah mendukung penuh acara RAKORNAS ICCN dan siap untuk melakukan kolaborasi bersama kedepanya. Selain itu, Ia juga menyampaikan jika pengambilan tema pada tahun ini sangatlah tepat.

“Tema ini sangat menarik, karena bukan berbicara mengenai kerjasama, namun ada poin bergegas,” Ujar Riski Handayani.’

Menurutnya, poin bergegas ini sangat dibutuhkan oleh Indonesia sekarang. Seperti yang kita ketahui, pandemi telah memberikan dampak yang sangat buruk bagi sektor industri kreatif bangsa ini, khususnya pada bidang pariwisata. Oleh karena itu, masyarakat dan pemerintah harus bergegas untuk bangkit kembali memperbaiki ekonomi nasional.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button