Digital KreatifIndustri KreatifKabar KreatifKota Kreatif

Ini 5 Komunitas Kreatif Penuh Inspirasi di Indonesia

Indiekraf.com – Bergabung dengan sebuah komunitas kreatif adalah salah satu langkah yang bisa membantu karir kita berkembang lebih cepat. Dengan bergabung dengan komunitas, kita bisa menemukan orang yang mungkin memiliki satu visi yang sama. Hal ini akan membuat peluang kolaborasi antar anggota komunitas menjadi lebih terbuka.

Baca juga 10 Komunitas Digital Keren di Malang, Gabung Kuy!

Selain peluang kolaboasi yang tinggi, kita juga bisa belajar dan bertukar ilmu dengan para anggota lainya. Bahkan terkadang, setiap komunitas kreatif selalu memiliki acara rutin yang bisa mendatangkan para profesional untuk saling bertukar pikiran. Di era “serba digital” seperti saat ini, kita bisa sangat mudah untuk menemukan komunitas kreatif yang ada di Indonesia. Berikut adalah list 5 komunitas kreatif penuh inspirasi:

Bandung Creative City Forum

Bandung Creative City Forum (Foto via bandungcreative.id)
Bandung Creative City Forum (Foto via bandungcreative.id)

Komunitas Bandung Creative City Forum (BCCF) didirikan pada tanggal 21 Desember 2008. Komunitas ini memiliki tujuan untuk mengasah kreativitas sebagai usaha untuk memberdayakan potensi ekonomi, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat madan, untuk menjaga ekosistem dan menghargai nilai keragaman budaya. BCCF memiliki berbagai macam aktivitas seperti konferensi, festival, seminar online, dan masih banyak lagi.

Indonesia Creators Meetup

Indonesia Creators Meetup (Foto via secure.meetupstatic.com)
Indonesia Creators Meetup (Foto via secure.meetupstatic.com)

Indonesia Creators Meetup (sebelumnya dikenal sebagai Indonesia Creative Meetup) adalah komunitas yang bergerak dibidang penulisan kreatif, desain visual, videografi, fotografi, media sosial, pemasaran influencer, dan media digital. Di komunitas ini, Indonesia Creators Meetup mengundang para pekerja lepas dan profesional kreatif untuk berbagi pengetahuan dan wawasan; mendiskusikan tren, dan saling memberdayakan untuk berkontribusi lebih baik bagi masa depan industri kreatif Indonesia.

Indonesia Creative Cities Network (ICCN)

Gambar illustrasi ICCN (gambar via iccn.or.id)
Gambar illustrasi ICCN (gambar via iccn.or.id)

Indonesia Creative Cities Network (ICCN) adalah sebuah organisasi yang berkomitmen untuk mewujudkan 10 Prinsip Kota Kreatif. Kini dalam ICCN telah tergabung 211 inisiatif kota/kabupaten di bawah koordinasi 11 Koordinator Daerah yang tergabung dalam Pengurus Pusat ICCN. ICCN berkomitmen untuk terus melakukan riset dan pengembangan guna mendukung pertumbuhan pembangunan ekonomi di Indonesi.

Surabaya Creative Network

Surabaya Creative Network (SCN) adalah forum komunikasi warga Surabaya yang menjadi pelaku dan pemangku aktivitas Ekonomi Kreatif di Kota Surabaya. Anggota forum ini terdiri dari beberapa kalangan seperti akademisi, komunitas, pemerintah, dan praktisi yang ada di Surabaya. SCN juga termasuk dalam bagian dari ICCN. 

Malang Creative Fusion

Festival Mbois 4 Malang Creative Fusion (Foto via www.mcf.or.id)
Festival Mbois 4 Malang Creative Fusion (Foto via www.mcf.or.id)

Malang Creative Fusion (MCF) adalah komunitas kreatif yang memiliki visi untuk mewujudkan masyarakat Malang yang makmur dengan kreatifitas dan inovasi. MCF merupakan salah satu pusat informasi pengembangan industri kreatif yang ada di Kota Malang. Salah satu event terbesar yang ada di MCF adalah Festival Mbois. Event ini merupakan hasil kolaborasi dengan Pemkot Malang yang sudah dimulai pada tahun 2016 hingga sekarang. Festival Mbois bertujuan untuk menciptakan para pelaku industri kreatif Kota Malang agar dapat mengembangkan bakat dan minat di dunia industri kreatif dari berbagai sektor.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] About Bandung Creative City Forum
[2] Indonesia Creators Meetup
[3] Indonesia Creative Cities Network (ICCN)
[4] Surabaya Creative Network
[5] Tentang Malang Creative Fusion

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button