Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifFilm Animasi dan VideoIndustri KreatifKabar KreatifPeriklanan

Iklan di Video YouTube akan Serempak Dilakukan ke Seluruh Akun?

Indiekraf.com – Kabar mengejutkan datang dari platform video YouTube. Kabarnya mereka akan menerapkan iklan di video YouTube dan berlaku untuk semua akun. JIka hal itu benar terjadi, lalu bagaimana nasib YouTuber yang baru memulai karir mereka? Akankah benar iklan tersebut akan ada di setiap video YouTube mulai 1 Juni?

 

Iklan di Video YouTube akan Serempak Dilakukan ke Seluruh Akun?

YouTube sebagai platform video online terkenal di dunia kembali mengumumkan hal baru. Mereka kabarnya akan menerapkan iklan di video YouTube untuk seluruh akun. Hal ini dilansir dari kebijakan terbaru Google yang kabarnya menerapkan ini mulai 1 Juni mendatang. 

Menurut Google, perusahaan tersebut akan menaruh iklan ke semua konten yang ada di dalamnya. Hal ini memicu pro dan kontra lantaran kebijakannya yang masih belum jelas sepenuhnya. Ada pula yang mengatakan bahwa meskipun iklan diterapkan di semua akun, tetapi tak semua akan dapat ‘komisi’. 

 

Iklan di Video YouTube Sebagai Cara Mendapat Pemasukan

Meskipun terlihat menggiurkan, ternyata kebijakan baru dari YouTube ini bisa jadi merugikan lho. Hal itu lantaran ternyata tak semua akun akan mendapatkan komisi dari iklan yang ada. Dilansir dari Kumparan, YouTube berhak melakukan cara apapun untuk memonetisasi konten di platform mereka.

Salah satu cara untuk meraup pemasukan tersebut adalah lewat pemasangan iklan di video YouTube. Keberadaan iklan atau ads yang terpasang di semua video memungkinkan masuknya ‘komisi’ ke pihak YouTube. Hal ini ternyata juga berlaku untuk akun yang tidak terdaftar sebagai YouTube Partner Program.

 

YouTube Partner Program dan Penghasilan dari YouTube Ads

YouTube Partner Program (YPP) sendiri adalah inisiatif Google dalam memberi hasil untuk kreator yang bergabung di program tersebut. Cara untuk bergabung dalam YPP sendiri tidak terlalu sulit. Pengguna perlu menyabet 4.000 jam waktu tonton publik yang valid dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Subscriber minimal yang perlu dicapai adalah sebanyak 1.000 akun.

Hal ini berpengaruh penting terhadap kebijakan baru YouTube dalam memasang iklan di semua video milik penggunanya. YouTuber yang tidak ikut dalam bagian YPP nantinya tidak bisa mendapat ‘penghasilan’ meski iklan sudah ada di videonya.

 

Baca Juga Peraturan Baru, YouTube Membatasi Menampilkan Wajah Seseorang, Apa Maksudnya?

Related Articles