Industri KreatifKabar Kreatif

IVES 2023: Event dan Investasi Jadi Salah Satu Kunci Kebangkitan Industri Kreatif Indonesia

Indiekraf.com – Setelah sempat terpuruk,  Industri kreatif kini mulai bangkit 9. Oleh karena itu, kolaborasi dari para pelaku usaha diharapkan bisa membangkitkan kembali industri kreatif lewat berbagai kegiatan yang digelar tahun ini.

Salah satu upaya membangkitkan kembali industri kreatif adalah melalui penyelenggaraan Indonesia Event Management Summit (IVES). Konferensi industri event management ini akan menjawab tantangan industri manajemen? ?acara saat ini dan masa depan.

“Bukan hanya kami selaku event organizer saja, tetapi juga korporasi maupun pihak pemerintah yang akan mendapatkan kesempatan untuk terjadinya kolaborasi antara para pelaku industri kreatif,” kata Penasehat IVES Harry Santoso dalam keterangan tertulisnya, seperti dilansir dari medcom.id

Konferensi ini akan dihadiri oleh multi-stakeholder yang akan berbagi inspirasi serta pengalamanan mulai dari pengelolaan event/acara, tata panggung, sport tourism, tren acara di masa depan, peluang bisnis dan kekayaan intelektual serta terdapat sesi workshop.

IVES bertema ‘Connecting adapting to elevate‘ akan diselenggarakan secara hybrid pada 16-17 Februari 2023 di Jakarta. Ada empat topik utama yaitu, etos kerja dan kemitraan, edukasi dan pemberdayaan, adaptasi dan pemanfaatan teknologi, serta dukungan dari pihak pemerintah.

Project Director IVES Andro Rohmana Putra mengatakan, IVES merupakan buah pemikiran bersama oleh berbagai komunitas dan asosiasi di industri event management. Ia meyakini kegiatan ini akan memberikan dampak positif terhadap seluruh stakeholder.

“Terlebih setelah pandemi acara yang mempertemukan para pelaku event management dengan pemangku kepentingan lainnya sangat terbatas sekali, oleh karena itu, kami dengan para komunitas dan asosiasi dapat menyelenggarakan acara ini pada Februari 2023,” ujar dia.

SIMAK JUGA:

Andro mengungkapkan, kegiatan ini merupakan kesempatan untuk bertemu, berjejaring, berbagi, dan belajar satu sama lain secara hybrid yang akan difasilitasi oleh Konect platform. Dengan begitu, para pelaku usaha akan membuka peluang untuk saling berkolaborasi.

“Format edukasi summit kali ini terdiri dari 50 menit secara konferensi atau diskusi panel, 30 menit demo teknologi tata panggung, masterclass terbatas selama empat jam dan setelahnya akan ada panggung hiburan,” jelas Andro.

IVES 2023 yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini akan diikuti oleh ribuan peserta dari seluruh Indonesia. Adapun penjualan tiket pre-sale summit ini bisa dilakukan melalui website resmi IVES mulai 7 Januari hingga 14 februari 2023.

Related Articles