Aplikasi Digital dan GameDigital Kreatif

Keren! Siswa Ini Kembangkan Aplikasi Untuk Lestarikan Budaya Jawa Klasik

Indiekraf.com – Aksara Jawa alias huruf jawa klasik saat ini bukan hal yang umum bagi masyarakat. Padahal aksara Jawa ini merupakan warisan budaya leluhur yang patut dilestarikan. Tergugah dengan fenomena ini siswa Sinarmas World Academy (SWA) Leon Hariyanto berupaya melestarikannya melalui aplikasi yang ia kembangkan dengan nama Siji.

Seperti dilansir dari Tempo.co, selama ini Leon memang merasa resah dengan perkembangan bahasa dan tradisi Jawa yang semakin tenggelam dalam budaya pop yang terus berkembang.

 “Pengembangan aplikasi ini berawal dari kekhawatiran akan kelestarian bahasa dan tradisi Jawa. Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat belajar bahasa Jawa,” ujar Leon.

Siji sendiri merupakan sebuah aplikasi dengan basis iOS, dengan tujuan utama untuk melestarikan bahasa dan tradisi Jawa klasik, dengan seluruh karakter utama di dalamnya. Hingga sekarang Siji sendiri masih terus dalam pengembangan.

Sebagai informasi, Leon sendiri mendapatkan modal dalam pengembangan Siji, melalui program pendanaan yang ia menangi dari International Baccalaureate (IB) Middle Years Programme Student Innovator 2020.

Pendanaan itu merupakan program pendidikan untuk siswa antara usia 11 sampai 16 di seluruh dunia sebagai bagian dari kontinum Baccalaureate Internasional.

Leon berencana untuk terus mengejar minatnya di bidang seni dan desain. Dia telah diterima di Savannah College of Art and Design, Academy of Arts San Francisco, The One Academy, California College of Arts, dan Universitas Pelita Harapan.

Related Articles