Wisata Kreatif

Kereta Gantung Puncak Jadi Solusi Macet Panjang, Yakin Bisa?

Indiekraf.com – Liburan memang waktu yang selalu dinantikan semua orang. Tapi gimana ceritanya kalau liburan kamu jadi terganggu gara-gara kemacetan panjang? Itulah yang kira-kira dirasakan oleh berbagai wisatawan yang beberapa waktu lalu berkunjung ke Puncak. Tak sedikit juga masyarakat yang mengeluh akibat dari panjangnya kemacetan di wilayah tersebut yang terus terjadi dari tahun ke tahun. Sampai akhirnya muncul solusi yang diutarakan oleh Sandiaga Uno yaitu Kereta Gantung Puncak. Gimana menurut kalian?

Kereta Gantung Puncak Jadi Solusi Macet Panjang, Yakin Bisa?

Jika kita lihat di tiap musim liburan, ada saja kemacetan yang terjadi di wilayah tertentu di Indonesia. Tapi yang sepertinya sering terjadi adalah kemacetan di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Macet panjang yang sudah jadi ‘hal biasa’ ini tetap saja membuat penat para wisatawan yang seharusnya mendapat waktu bersenang-senang di sana. Hal itu kerap terjadi di waktu long weekend.

Sebagai solusi, ternyata Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mencetuskan hal baru nih. Ia mengatakan bahwa salah satu solusinya adalah dengan membangun Kereta Gantung Puncak. Kira-kira gimana ya kelanjutan dari solusi yang ia canangkan itu ya?

Sudah Diterapkan di Negara-Negara Lain

Dikutip dari Kompas, Sandiaga mengatakan bahwa Kereta Gantung Puncak bisa jadi solusi atas kemacetan di daerah tersebut. “Saya memberi beberapa solusi, bahwa kita harus punya solusi yang permanen. Jadi, seperti kereta gantung itu salah satu opsi,” jelas Sandiaga. Ia mengatakan bahwa transportasi tersebut termasuk ramah lingkungan dan bisa jadi daya tarik wisata yang baru. Hal itu terutama di kawasan dengan kontur pegunungan seperti Puncak.

Memang sebenarnya beberapa negara lain sudah menerapkan adanya kereta gantung atau cable car di beberapa tempat berkontur pegunungan. “Hal ini sudah dikembangkan, bagaimana cable car yang ramah lingkungan memiliki sensasi yang berbeda karena di destinasi pegunungan di luar negeri juga menggunakan cable car,” tambahnya. 

Di lain sisi, Sandiaga juga mengatakan bahwa masyarakat bisa mencoba alternatif lokasi wisata lain selain Puncak, Bogor. Budi Karya Sumadi sebagai Menteri Perhubungan pun menambahkan bahwa kemacetan di Puncak ini bukan perkara mudah. “Ibarat gunung es, persoalan transportasi hanya puncak masalah dari gunung es. Kompleksnya masalah puncak tidak bisa diselesaikan dari transportasi semata,” terang Budi. Wah, semoga kemacetan di lokasi wisata seperti Puncak bisa segera ditemukan solusinya ya!

Baca Juga Angkutan Umum Tenaga Listrik Akan Segera Hadir di Indonesia?

Related Articles