Acara KreatifAplikasi Digital dan GameIndustri KreatifKabar KreatifMbois MediaPelaku Kreatif

Kisah Perjalanan Karir Afrizal N Baharsyah | Malang Good Works Episode 5

Indiekraf.com – Afrizal N Baharsyah, CEO Jagoan Hosting Indonesia menceritakan kisah kesuksesannya melalui podcast Malang Good Works. Siapa sangka jika pria asli Kedungkandang tersebut berhasil menjadi seorang CEO dan memimpin salah satu perusahaan penyedia server terbesar di Jawa Timur.

“Tidak ada yang tidak mungkin, semua mimpi bisa tercapai jika kamu terus berusaha dan mau belajar.”

Kalimat di atas mungkin adalah kalimat yang tepat untuk menggambarkan perjalanan karir seorang Afrizal N Baharsyah. Memiliki latar belakang pendidikan di jurusan Desain Komunikasi Visual tidak membuat Afrizal ternyata tidak membuatnya puas untuk terus belajar hal baru. Ketika bekerja Jagoan Hosting, Ia terus mencoba untuk mengambil setiap peluang yang ada.

Baca juga Tampil di Podcast Malang Good Works, Mahesa Desaga Sebut Kota Malang Masih Belum Memiliki Identitas Film yang Pasti

Kemauannya untuk belajar ternyata memberikan dampak yang luar biasa. Karirnya terus melejit ketika Ia menjabat sebagai Head of Sales and Marketing. Kemampuannya dalam mempromosikan dan menganalisis peluang pasar mampu membuat Jagoan Hosting semakin sukses. Hal tersebut membuat Afrizal berhasil diangkat sebagai CEO di perusahaan server tersebut.

Ketika berbicara mengenai perkembangan industri digital di Kota Malang, Afrizal mengetahui bahwa banyak talent asli Malang yang hebat, keren, dan memiliki skill yang sangat bagus. Akan tetapi, banyak juga dari mereka yang tidak tinggal di Malang dan memilih berkarir diluar Malang. Memang banyak pertimbangan yang harus mereka pikirkan, namun Afrizal berharap bahwa mari kita sebagai ‘AREMA’ Arek Malang, kita sebaiknya berjuang bersama-sama untuk membangun dan memajukan dunia industri digital di Malang.

Ia sangat yakin jika skill dan experience para talent asli Malang yang saat ini berkarir di luar kota digabungkan dengan SDM yang ada di Malang saat ini, maka Kota Malang bisa menjadi kota dengan industri digital yang maju di Indonesia, menyaingi Jakarta.  Jika hal ini dapat terjadi, maka akan membuka peluang bagi para investor akan mau masuk ke Malang.

Baca juga Benny Setyawan Berharap Perizinan Membuat Film di Kota Malang Dipermudah | Malang Good Works Podcast Episode 2

Selain itu, Afrizal juga mengajak bagi generasi muda yang ada di Malang untuk lebih berani membuka bisnis atau mendirikan sebuah startup. Menurutnya, modal utama bukanlah harus memiliki uang, akan tetapi modal penting yang harus dimiliki adalah keberanian untuk memulai. Karena kedepannya, kita akan banyak menemukan tantangan demi tantangan. Oleh karena itu, harus kita harus memiliki keberanian dan tekad yang kuat agar bisnis atau startup yang kita bangun tidak mudah ‘runtuh’. Jika produk digital yang kita buat memang berkualitas, maka Afrizal yakin akan banyak kesempatan dan tawaran yang datang dari berbagai macam pihak untuk membantu atau berkolaborasi bersama.

 

Penulis: Achmad Faridul Himam

Related Articles