Industri KreatifMusikPelaku Kreatif

Kolaborasi Dengan Tulus, Dere Berhasil Rilis Lagu Baru Berjudul “Berisik”

Indiekraf.com – Dere, penyanyi dan penulis lagu berusia 18 tahun. Tumbuh bersama TigaDuaSatu, label rekaman dan manajemen talenta. Produktivitas berkarya, membawa lahirnya lagu baru berjudul, Berisik. Lagu ini ditulis Dere sebagai gambaran dari manusia dan keberisikannya. Baik dalam bicara, tindakan, dan sikapnya terhadap sekitar. Berisik di sini, juga digambarkan menjadi sebab dari terganggunya banyak makhluk hidup lain.

Berisiknya kita manusia dalam bertindak, juga merupakan sebab dari terancamnya flora dan fauna di sekitar kita. Dere membawa makna “Berisik” ke interpretasi yang lebih luas. Tidak hanya dari suara, tapi juga sikap dan tindak manusia. Sebagai penulis lagu, Dere juga menjadikan lagu ini pengingat bagi dirinya pribadi. Dere mengungkapkan, “Bahwa aku pun adalah bagian dari manusia yang berisik. Keberisikan kita dapat mengganggu yang lainnya, maka baik untuk kita manusia berhati-hati dalam segala tindak dan bicara.”

Baca juga Ciri Karya Iksan Skuter, Musisi Unik Asal Malang

Sebelumnya, Dere telah mengawali debutnya pada bulan Oktober 2020 lalu. Sebelum merilis lagu “Berisik”, Dere pernah merilis lagu ‘TANYA’. Lagu kedua dari Dere yang saat ini berusia 18 tahun, tercipta dari pemikiran tentang besarnya energi manusia yang tersita, untuk banyaknya pertanyaan yang berlalu-lalang di kepala mereka. Mulai dari pertanyaan sederhana hingga pertanyaan kompleks yang tidak kunjung terpecahkan jawabannya.

“Lewat lagu ini, aku ingin mengajak teman-teman untuk sejenak berhenti memikirkan pertanyaan-pertanyaan yang ada di kepala, dan lebih menikmati waktu atau momen yang saat ini kita punya.” ungkap Dere.

Baca juga Endah Laras, Pewaris dan Penerus Kejayaan Keroncong Tanah Air yang Kekinian

Sama seperti “Berisik”, lagu ’TANYA’ juga merupakan hasil kolaborasi bersama Tulus. Keterbatasan mobilitas di masa pandemi ternyata tak menghambat mereka untuk terus berkarya. Memanfaatkan teknologi, lagu ini berhasil diciptakan secara daring. “Kami menggunakan aplikasi di telepon sebagai media komunikasi. Hal yang baru, sekaligus menyenangkan!”, ungkap Dere.

Aransemen lagu ‘TANYA’ lahir dari eksplorasi Dere bersama produser Ibnu Dian. Dentuman bas yang eksploratif, menjadi garis merah aransemen, di sepanjang lagu berdurasi 3 menit ini. Lagu ‘TANYA’ dirilis di bawah naungan label rekaman dan manajemen talenta Tigaduasatu.

Related Articles