Acara KreatifIndustri KreatifKreatif Tourism

Kunjungi Langsung Wisata Desa Pujon Kidul, Sandiaga Uno : Ini sesuai dengan semangat Kemenparekraf

Indiekraf.com-Setelah berkunjung ke Museum Panji di Tumpang Kabupaten Malang sekaligus menemui beberapa pelaku usaha kecil dan menengah, Jumat (21/05) kemarin, pada Sabtu (22/05) pagi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi kawasan wisata desa di wilayah Pujon, yakni Cafe sawah Pujon Kidul.

Dalam kesempatan berkunjung kali ini, Sandiaga Uno merasa senang sekaligus bangga karena wisata desa nyatanya mampu memberi dampak bagi masyarakat desa serta memilki nilai jual. Sawah yang semula hanya berupa lahan garapan petani, diungkapkannya kini diubah menjadi destinasi wisata beromset miliaran rupiah.

Baca juga :

“Hari ini kita di Desa Pujon Kidul, desa wisata berkelanjutan. Bisa kita lihat Kafe Sawah seluas satu hektar yang tadinya menghasilkan Rp10 juta per tahun, disulap dengan pendekatan ekonomi kreatif, sekarang satu hektar bisa menghasilkan Rp1,2 miliar per tahun,” ungkap Sandiaga Uno.

Pencapaian desa menjadi destinasi wisata tersebut menurut Sandiaga telah sesuai dengan semangat Kemenparekraf, yaitu membangkitkan perekonomian masyarakat perdesaan serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

Pengunjung menikmati suasana cafe sawah Pujon Kidul,Kabupaten Malang

Atas hasil yang telah dicapai itu, pihaknya kedepan akan memberikan pendampingan guna meningkatkan ketrampilan khususnya bagi pengelola wisata agar mampu beradaptasi dengan teknologi digital.

“Ini yang ingin saya berikan, sebuah pendekatan ekonomi berkeadilan yang berpihak kepada masyarakat pedesaan, sekaligus juga memastikan program pemerintah itu tepat sasaran,” pungkas Sandiaga Uno.

Related Articles