Acara KreatifFesyenIndustri KreatifInsightKabar KreatifMbois Media

Malang Fashion Week 2020 Dorong Kemajuan Industri Kreatif Saat Pandemi

Indiekraf.com – Pada tahun ini, Malang Fashion Week (MFW) mengankat tema “Enigmatic” yang bermakna sebuah ketidakpastian atau hal yang sulit untuk dimengerti. Tema tersebut menggambarkan keadaan dunia yang sedang berperang melawan Covid-19 yang penuh dengan hal yang tak terduga. Pandemi yang sudah menyerang Indonesia selama hampir satu tahun tersebut telah membuat banyak industri kreatif mengalami kerugian, salah satunya pada sektor fesyen.

Seperti tak ingin terus tenggelam dalam keterpurukan, event Malang Fashion Week 2020 memberikan dukungan untuk para pegiat dunia fesyen, termasuk desainer dan UMKM agar bisa terus bertahan dan berkembang di tengah kondisi pandemi seperti sekarang. Event ini tercipta atas adanya kerjasama antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) dengan Indonesian Fashion Chamber (IFC) dan dukungan dari Pemerintah Kota Malang.

Baca juga Mau Sukses di Industri Kreatif Fesyen? Jangan Sampai Lewatkan 4 Tips Keren Ini

Event tersebut diselenggarakan secara virtual pada tanggal 6 hingga 8 November 2020. Hal ini akan membuka kesempatan produk-produk fesyen yang mengikuti Malang Fashion Week bisa ditonton oleh seluruh masyarakat di Indonesia, terlebih secara global. Adanya kemajuan teknologi dapat mempermudah memasarkan produk fesyen, khususnya bagi UMKM.

Dikutip dari jatimtimes.com, melalui event tersebut, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang, Azka Subhan, terus mendorong agar UMKM bisa memanfaatkan platform digital untuk membantu mempromosikan produk mereka. “Penjualan melalui platform digital diharapkan dapat menjadi salah satu solusi bagi UMKM untuk terus dapat memasarkan produknya dan bertahan pada saat kondisi pandemi seperti ini,” ujar Azka.

Baca juga Kisah Inspiratif dari Anne Avantie, Tokoh Fesyen asal Indonesia

Azka juga berharap jika event MFM 2020 ini bisa memberikan dampak kemajuan bagi industri kreatif di Indonesia, khususnya yang ada di Malang. “Adanya Malang Fashion Week 2020 diharapkan dapat memberi ruang presentasi kepada para desainer fashion baik lokal maupun nasional dan internasional. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat mendorong kemajuan industri mode secara nasional maupun internasional, mewujudkan Indonesia menjadi salah satu kiblat fashion dunia pada tahun 2025, serta dapat mendorong pengembangan industri kreatif sebagai salah satu sumber pertumbuhan ekonomi baru di daerah,” ujarnya.

Semua keseruan event tersebut bisa kamu tonton langsung melalui YouTube channel Malang Fashion Week 2020.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Dorong Perekonomian Masyarakat, BI Malang Dukung Malang Fashion Week 2020

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button