Acara KreatifKabar Kreatif

Memajukan Local Brand, BEKRAF Sasar Pelaku Industri Kreatif Malang

Press Release oleh BEKRAF - Publikasi oleh Tim Indiekraf

 

INDIEKRAF – Malang, 29/09/2018 – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melalui Direktorat Edukasi Ekonomi Kreatif menyelenggarakan workshop dengan tema Local Genius Brand Workshop (LOG) pada Sabtu – Senin (29-31/9) di Hotel 101, Malang. Kegiatan ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi kreatif melalui pengembangan merek lokal dan komunikasi pemasaran di era digital di Malang dan sekitarnya.

“Kegiatan ini merupakan salah upaya untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi kreatif di tingkat lokal, sekaligus mendorong kemajuan komunikasi pemasaran di daerah. Workshop ini diharapkan dapat mendukung branding produk-produk lokal Malang untuk memasuki pasar global,” ungkap Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif Bekraf, Poppy Savitri, Sabtu (29/9).

Sebagai salah satu kota wisata di Indonesia, Malang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun internasional. Daya tarik wisata ini ikut mendorong tumbuhnya produk lokal yang khas dan beragam dengan berbagai merek. Selain itu, subsektor ekonomi kreatif yang tumbuh subur di kota ini adalah aplikasi dan gim yang dipengaruhi oleh mulai dibukanya jurusan teknologi informasi di beberapa perguruan tinggi di Kota Malang pada 2002. Hal tersebut terbukti mampu menunjang keberhasilan kota malang sebagai salah satu kota kreatif yang mampu membawa ekosistemnya menuju kepada era industri digital.

Di era industri digital saat ini, komunikasi pemasaran yang konvensional dianggap tidak cukup mampu untuk bisa menggerakkan pertumbuhan ekonomi daerah. Merek lokal juga dianggap sulit bersaing dengan merek-merek besar yang lebih dulu hadir dan dikenal masyarakat luas. Untuk itu, Bekraf memfasilitasi pelaku ekonomi kreatif di Malang dan sekitarnya untuk lebih memahami cara mengembangkan merek lokal melalui komunikasi pemasaran yang lebih efektif dengan pemanfaatan teknologi informasi melalui media baru.

LOG menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya, diantaranya CEO PT. Dentsu Strat, Janoe Arijanto; CEO ZenithOptimedia, Ernita Ariestanty; CEO Narrada Communications, Romanus Sumaryo; Founder and Director of Kharisma Advertising, Hery Margono; Perwakilan Tim Google dan Perwakilan Tim Facebook. Bekraf berharap workshop ini akan memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan merek lokal dan mengembangkan komunikasi pemasaran daerah sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif secara cepat dan berkelanjutan.

Tentang Bekraf

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) adalah lembaga pemerintah nonkementerian yang bertanggung jawab di bidang ekonomi kreatif. Saat ini, Kepala Bekraf dijabat oleh Triawan Munaf.

Bekraf mempunyai tugas membantu Presiden RI dalam merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan ekonomi kreatif di bidang aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film animasi dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, dan televisi dan radio.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close