Acara KreatifFesyenIndustri KreatifKabar KreatifMbois MediaPelaku Kreatif

Noor Umer, Brand Fashion Asli Malang yang Mendunia | Malang Good Works Podcast #15

Indiekraf.com – Azizah atau akrab dikenal dengan brand nya Noor Umer adalah seorang fashion designer asli Kota Malang yang terkenal dengan karya “street style” nya. Dalam acara Malang Good Works Podcast #15, Ia berkesempatan untuk berbagi cerita mengenai perjalanan karirnya sebagai seorang fashion designer sekaligus pengusaha.

Perempuan yang mengidolakan Ivan Gunawan tersebut kini memutuskan untuk berkarya di bidang fesyen yang fokus pada busana muslim. “Perjalanan dimulai pada apa yang kita suka, aku ga bisa lepas dari gaya jalanan, maka aku harus memperhalus gaya style-nya, tapi tidak keluar dari gaya jalanan yang aku suka,” jelas Azizah.

Baca juga ‘Mbelesek’ Menjadi Kunci Kesuksesan Bu Hay Dalam Mengembangkan Usahanya | MALANG GOOD WORKS PODCAST #7

Melalui brand Noor Umar, Azizah menyalurkan ekspresinya kedalam desain-desain baju yang menarik dan khas. “Noor (baca: nur) itu nama panggilanku. Sedangkan Umer dari nama ayahku, namanya Umar tapi aku plesetin jadi Umer,” jelasnya. Kedua nama tersebut termasuk nama-nama yang disayangi. “Harapannya brand ini aku banget dan banyak orang yang suka,” tambahnya.

Namun, Ia mengakui bahwa gaya desain baju yang dibuatnya tidak cocok untuk pasar di Kota Malang. “Produk fesyen ku kurang cocok di Malang, karena memang tidak mengambil bahan di Malang,” ujarnya. Namun, karyanya malah diminati oleh pasar internasional. Ia mengatakan bahwa pelanggan Noor Umar ada yang dari Abu Dhabi dan Filipina.

Sebagai seorang fashion designer dari Malang, Azizah berharap bahwa kedepannya Kota Malang bisa terus berkembang. “Paling tidak bisa lebih keren dari Bandung,” harapnya. Hal tersebut dikarenakan kedua kota ini memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda.

Baca juga Membangun UKM Harus Pinter Dulu! Malang Good Works Podcast Episode 8

Namun, Azizah mengatakah bahwa harus diakui jika fesyen di Bandung jauh lebih maju daripada di Malang. “Karena Bandung bisa open minded dan mereka kota industri, sehingga perkembangannya begitu cepat. Bahkan sampai nenek-nenek di Bandung pun itu tampilan fesyennya keren,” jelasnya.

Untuk mewujudkan harapannya tersebut, Ia dan tim Noor Umer terus berusaha untuk mengembangkan dan menciptakan desain-desain yang kreatif dan inovatif. Selain itu, mereka juga terus memberikan edukasi mengenai perkembangan fesyen kepada masyarakat luas. “Menyadarkan orang-orang tentang fesyen itu tugas yang berat,” ujar Azizah.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Related Articles