Acara KreatifDigital KreatifIndustri KreatifKota KreatifSharing Expert

Osi dan Ji, Maskot Kota Malang yang Masih Belum Dikenal Masyarakatnya

Sudah ditetapkan menjadi representasi Kota Malang, namun sosok singa dan burung manyar ini, justru seperti tenggelam, ada apa?

INDIEKRAF.COM – Dalam rangka aktivasi Osi dan Ji sebagai Maskot Kota Malang, telah diadakan Forum Group Discussions (FGD) dalam tajuk Menemukenali Osi dan Ji yang dilaksanakan di Rumah MCF pada tanggal 4 September 2019. FGD ini mengundang berbagai macam perwakilan mulai dari instansi, komunitas, media serta stakeholder industri kreatif di Kota Malang.

Simak juga:

Acara yang diinisiasi oleh Paku Kusuma yang juga merupakan satu-satunya penulis buku tentang maskot di Indonesia ini mengundang 3 pembicara. Yang pertama yaitu Papang Jakfar yang merupakan pencipta Osi dan Ji, Affan Hakim yang merupakan perwakilan dari Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) chapter Malang, dan Sudarso perwakilan dari Barenlitbang Kota Malang.

Osi dan Ji lahir dari Lomba Desain Maskot Kota Malang yang diselenggarakan oleh Bappeda dan bekerjasama dengan ADGI Chapter Malang pada tahun 2016. Osi adalah seekor singa berwarna hijau sedangkan Ji adalah burung Manyar pendamping Osi. Informasi lebih lanjut mengenai Osi dan Ji sendiri bisa diakses dalam kanal osidanji.com

“Visual Osi yang polos tanpa corak tradisional mungkin dinilai sebagai kekurangan, padahal hal itu merupakan salah satu kelebihan Osi sebagai maskot Kota Malang. Desain Osi yang polos bisa dengan mudah dimodifikasi sehingga bisa digunakan untuk sub-maskot kampung-kampung tematik di Kota Malang atau bahkan menjadi brand ambassador gerakan kepolisian, pendidikan, dan lain sebagainya di Kota Malang.” terang Papang dalam sesi memperkenalkan Osi dan Ji kepada seluruh peserta acara.

Gambar Ilustrasi Osi dan Ji sebagai Brand Ambassador Program Pemerintah. Sumber Gambar: Osidanji.com

Papang juga menyatakan bahwa desain maskot yang ia buat juga memperhatikan faktor komersil dimana pada saat pemilihan warna pun ia memilih warna yang fleksibel sehingga bisa digunakan bagaimanapun. Ia juga menjelaskan bahwa terdapat back story atau cerita yang melatarbelakangi Osi dan Ji sebagai maskot sehingga nantinya bisa dengan mudah diperkenalkan kepada masyarakat.

 

Foto Bersama Forum Group Discussions Menemukenali Osi dan Ji Maskot Kota Malang (04/09/2019)

Meskipun sudah dirilis 3 tahun yang lalu, namun visualisasi Osi dan Ji masih sangat langka di Kota Malang. Hal ini tentu membuat posisi Osi dan Ji sebagai maskot Kota Malang diragukan. ditekankan oleh peserta FGD pada sore hari itu bahwa Osi dan Ji merupakan aset visual jangka panjang yang harus diperkenalkan dan disebarluaskan kepada seluruh elemen masyarakat Kota Malang.

Berikut ini merupakan beberapa poin dari FGD yang diselenggarakan, yaitu:

  1. Osi dan Ji merupakan aset visual jangka panjang yang sangat berpotensi meningkatkan branding serta membantu sektor industri kreatif di Kota Malang.
  2. Aktivasi Osi dan Ji sebagai maskot Kota Malang harus dilakukan secara massive meskipun membutuhkan waktu yang lama, namun hal ini bertujuan supaya masyarakat mengenal dengan baik dan menerima Osi dan Ji sebagai maskot Kota Malang.
  3. Pemerintah bersama dengan seluruh pelaku industri dan instansi serta komunitas diharapkan dapat berpartisipasi dan saling mendukung aktivasi Osi dan Ji untuk hasil yang lebih maksimal.

Tag
Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Cek Juga

Close
Back to top button
Close
Close