Industri Kreatif

Pandawara Group : Angkat Isu Kebersihan Lingkungan Lewat Video TikTok

Indiekraf.com – Isu lingkungan menjadi salah satu hal yang kini penting untuk diperhatikan. Bukan hanya untuk menjaga lingkungan tetap lestari, isu ini juga menjadi penting untuk mencegah terjadinya bencana alam. Seperti halnya yang dilakukan oleh sekelompok pemuda yang viral di TikTok. Dengan nama akun Pandawara Group, para pemuda ini melakukan gerakan untuk menyelamatkan lingkungan lewat platform media sosial!

Pandawara Group : Angkat Isu Kebersihan Lingkungan Lewat Video TikTok

Lima pemuda di balik akun TikTok @PandawaraGroup perlu diacungi jempol. Kelompok yang beranggotakan Muhammad Rifqi, Muhammad Agung, Gilang Rahma, Rafly Pasya, dan Ikhsan Destian ini tengah viral di platform TikTok. Bukan hanya memberikan hiburan layaknya kreator lainnya, mereka kini tengah sibuk mengangkat isu lingkungan terutama dalam hal kebersihan sungai. Akun TikTok Pandawara Group sendiri mulai viral lantara video “bersih- bersih “ mereka. 

Kini, akun tersebut sudah diikuti oleh setidaknya 1,7 juta pengguna di TikTok. Bahkan salah satu video mereka yang diunggah pada akhir tahun 2022 lalu sudah menembus angka views sebanyak 25,6 juta guys! Keren banget, kan?

Berhasil Bersihkan Puluhan Sungai di Bandung

Para pemuda ini ternyata berdomisili di Bandung, Jawa Barat. Kisah mereka dalam meningkatkan awareness tentang kebersihan sungai ini bukan tanpa dasar, lho. Dikutip dari The Jakarta Post, kelompok pemuda ini sempat merasakan banjir yang cukup besar. Kejadian tak terduga itulah yang mendorong mereka untuk melakukan gerakan bersih-bersih sungai.

Hingga saat ini, Pandawara Group sudah berhasil membersihkan sebanyak 32 sungai dan saluran pembuangan air. Lokasi yang sempat mereka susuri ada di area selatan Bandung. Adanya gerakan yang mereka inisiasi untuk membersihkan lingkungan berhasil menuai respon positif dari warganet. Salah satu warganet pun meninggalkan komentar seperti,  “The Real Influencer”.

Semoga semakin banyak masyarakat yang tergerak untuk melakukan hal baik seperti Pandawara Group di kemudian hari ya!

Baca Juga 3 Cara Dapat Centang Biru di TikTok yang Bisa Kamu Coba!

Pemerintah Serius Untuk Jadikan Influencer Sebagai Ujung Tombak Demokrasi Digital, Bagaimana Menurut mu?

Related Articles