Acara KreatifAplikasi Digital dan GameWisata Kreatif

Pemkab Malang Luncurkan Matic, Smart Tourism untuk Ekraf dan Pariwisata Kabupaten Malang

Matic adalah sebuah platform yang berisi big data pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Malang

Indiekraf.com – Kabupaten Malang, wilayah terluas kedua di Provinsi Jawa Timur ini memiliki beragam potensi pariwisata tersebar hampir disemua wilayahnya.Dengan besarnya potensi pariwisata yang ada, maka Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan membuat sebuah inovasi baru guna menampung segala informasi dan data potensi pariwista yang ada.

Hal ini akhirnya diwujudkan dengan menghadirkan sebuah aplikasi berbasis web dengan nama Matic (Malang Tourism Intelegence Center) yang di launching secara resmi oleh Bupati Malang di Pendopo Agung Kabupaten (12/12).

Matic adalah sebuah platform yang berisi big data pariwisata yang ada di Kabupaten Malang, “Matic ini tidak hanya berisi destinasi pariwisata saja, tapi juga Akomodasi Pariwisata, Kebudayaan Masyarakat, Desa Wisata sampai dengan Produk Ekraf yang ada di Kabupaten Malang” jelas Kadisparbud, Purwoto, S. Sos, M.Si.

Malang kabupaten tourism
Sumber : matic.or.id

Dalam kegiatan ini juga di kukuhkan kepengurusan Miparka (Mitra Pariwisata Kecamatan) sebanyak 33 miparka. Selain itu juga diramaikan dengan Table Top oleh pelaku pariwisata di Kabupaten Malang dan stand pameran umkm se-Malang Raya.

“Saya aturkan apresiasi setinggi tingginya kepada seluruh pelaku pariwisata, Pemkab Malang telah berkomitmen turut memajukan pariwisata dalam visi misinya. Aplikasi Matic ini harapannya adalah memudahkan informasi kepada wisatawan sehingga dapat memudahkan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Malang” ujar Bupati Malang dalam sambutannya.

“Kedepan kami akan lihat efek aplikasi ini terhadap jumlah kunjungan wisatawan di akhir 2023, kami berharap Disparbud terus meningkatkan kualitas aplikasi ini agar berdampak signifikan kepada kunjungan wisatawan dan multi efek dari pariwisata” tutup Bupati Malang HM. Sanusi.

Dalam kegiatan ini turut hadir perwakilan pokdarwis dan desa wisata se Kabupaten Malang serta OPD dan Kecamatan se Kabupaten Malang.

Sumber : https://matic.or.id/artikel/usung-smart-tourism-dan-big-data-pariwisata-disparbud-launching-matic

Baca Juga :

Related Articles