Acara KreatifAplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifInsightKabar KreatifKota KreatifMbois Media

Pemkot Malang Jalin Kerjasama Dengan Gojek Untuk Perkuat Industri Kreatif Lokal

Indiekraf.com – Pemkot Malang telah melakukan langkah serius untuk membangkitkan kembali perekonomian daerah yang menurun akibat dampak pandemi Covid-19. Langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan kerjasama dengan salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yaitu Gojek. Kira-kira, apa saja isi kerjasama antara kedua belah pihak tersebut?

Pendatanganan kesepakatan kerjasama telah dilakukan oleh Wali Kota Malang Drs. H Sutiaji yang mewakili Pemkot Malang dengan perwakilan Gopay dan Gojek pada hari Kamis (14/01). Kerjasama tersebut adalah bentuk upaya pemerintah untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terdapat dua sektor yang akan fokus dikembangkan melalui kerjasama tersebut, yakni sektor pariwisata dan UMKM yang ada di Kota Malang.

Baca juga Bangkit di Tengah Pandemi, Begini Cara Pemkot Surabaya Tetap Berdayakan UMKM

Terdapat 3 (tiga) ruang lingkup yang akan fokus untuk dikerjakan melalui kerjasama tersebut. Pertama adalah pengembangan pariwisata Kota Malang dengan memanfaatkan aplikasi GoJek dan atau layanan pembayaran melalui fitur GoBills. Kedua adalah pembinaan UMKM melalui pelatihan dan fasilitasi pemasaran. Dan yang ketiga adalah pengerjaan di bidang lain sesuai kebutuhan seperti smart city.

Pemkot Malang resmi kerjasama dengan Gojek (Foto via Twitter @PemkotMalang)
Pemkot Malang resmi kerjasama dengan Gojek (Foto via Twitter @PemkotMalang)

Dikutip dari akun Twitter Pemkot Malang @PemkotMalang, Wali Kota Malang, Drs. H Sutiaji dalam sambutanya mengatakan bahwa kerjasama ini diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat di Kota Malang. ”Di awal tahun ini, kita melakukan kerjasama dengan Gojek dan Gopay dengan harapan meningkatkan ekonomi masyarakat, UMKM, ditengah transformasi budaya yang terjadi saat ini. Dampak nya diharapkan pendapatan perkapita masyarakat naik,” ujarnya.

Baca juga Gojek Permudah UMKM Jualan Online Melalui GoStore

Boy Arno Muhammad, Head of Gov Relation Gojek Jawa Timur, Bali & Nusra juga menyampaikan bahwa ‘speed, inovasi, dan social impact’ adalah tiga kata yang menjadi kata kunci di era digital. Oleh karena itu GoJek sangat mengapresiasi dan siap untuk merealisasikan kerjasama yang sudah dibuat dengan pihak Pemkot Malang.

Seperti yang kita ketahui, pada era digital seperti sekarang, peran teknologi sangat dibutuhkan untuk membantu perekonomian. Dengan adanya perkembangan teknologi, segala bentuk informasi akan dapat tersampaikan secara mudah kepada banyak masyarakat. Pemilihan GoJek sebagai partner kerjasama adalah pilihan yang tepat untuk dilakukan oleh pihak Pemkot Malang.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button