Aplikasi Digital dan GameIndustri KreatifInsightKabar Kreatif

Gojek Permudah UMKM Jualan Online Melalui GoStore

Indiekraf.com – PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau Gojek semakin serius untuk mengembangkan layanan mereka di Indonesia. Setelah sukses dengan berbagai layanan seperti GoFood dan GoMart, kini mereka telah mengembangkan layanan bernama GoStore. Dengan menggunakan layanan tersebut, UMKM bisa mempermudah memasarkan produk mereka secara online.

Jika GoFood dan GoMart lebih terkesan dengan ‘makanan’, melalui GoStore, UMKM yang memiliki produk selain makanan akhirnya bisa menikmati layanan dari Gojek. Melalui layanan baru ini, UMKM bisa membuat website atau toko online pribadi dengan cepat dan mudah.

Baca juga Asian Development Bank Gandeng Gojek Teliti Dampak Pandemi Terhadap UMKM

Toko online yang ada di GoStore telah dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan. Pertama, pengaturan upload dan menjual barang yang mudah. Kedua, calon pembeli bisa melakukan pembayaran menggunakan GoPay atau kartu kredit. Ketiga, layanan ini telah didukung oleh GoSend yang nantinya akan memudahkan proses pengiriman barang.

Foto via www.mokapos.com/gostore/
Foto via www.mokapos.com/gostore/

Selain itu, Gojek juga telah melakukan kerjasama dengan Facebook dan Instagram. Dengan adanya kerjasama tersebut, toko online yang berada di GoStore bisa langsung diintergrasikan ke Facebook Shops dan Instagram Shopping. Bagi masyarakat yang sering berbelanja di media sosial akan merasa lebih aman. Seperti layaknya e-commerce lainya, pembayaran akan diterima ketika barang sudah ditangan pembeli.

Baca juga Cara Riset Desain Kemasan Untuk UMKM

Dikutip dari detik.com, Haryanto Tanjo, Head of Commerce Enablement Gojek menyampaikan bahwa Gojek akan terus membantu UMKM untuk memperluas dan memasarkan produk mereka secara online. “Dengan menjembatani penjual online ke puluhan juta konsumen Indonesia yang aktif di media sosial, GoStore membantu UMKM untuk memperluas pasar dan mengembangkan usahanya dengan lebih mudah,” ujarnya.

Selama ini, UMKM masih memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk mereka. Masih sedikit UMKM yang memiliki website atau toko online pribadi. Oleh karena itu, GoStore bisa dibilang adalah soulsi yang tepat untuk membantu mereka membuat website yang cepat dan mudah. Namun, beberapa masyarakat mungkin harus sedikit bersabar karena layanan baru Gojek ini akan diluncurkan secara bertahap di Indonesia.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Ada GoStore, Gojek Siap Bantu Penjual Online Makin Cuan

Related Articles