Acara Kreatif

Pentingnya Branding Bisnis Dalam Menghadapi Pandemi COVID-19

Indiekraf.com – Branding merupakan salah satu kunci penting agar bisnis kita mampu bertahan menghadapi era pandemi seperti sekarang.

Tak hanya sebuah logo dan kualitas produk, branding mencangkup segala hal dari bisnis kita, mulai dari bagaimana cara kita melayani pelanggan, hingga cara kita melakukan promosi bisnis.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai sebuah branding, DILo Malang menggelar event DILo A-Conference dengan tema “Product Design & Branding”⁣ yang dilakukan secara online pada hari selasa (23/06) kemarin.

Pada event ini, DILo Malang mengundang Dadik Wahyu Chang, Founder Utero Indonesia dan merupakan salah satu konsultan bisnis yang terkenal di Kota Malang.⁣⁣⁣

Utero Indonesia merupakan Idea and Concept Factory yang membantu para clientnya untuk membuat sebuah branding bisnis yang baik dan tepat.

Perusahaan ini menggabungkan 3 sistem perusahaan yaitu Bank, Distro, dan MLM. Dengan ketiga gabungan sistem tersebut membuat Utero Indonesia sangat “unik” jika dibandingkan dengan perusahaan lainya.

Dadik menyatakan bahwa belum ada strategi atau metode bisnis yang tepat untuk menghadapi pandemi COVID-19 ini, yang ada kita harus mencoba segala kemungkinan untuk bertahan.

Namun, terdapat metode yang bisa kita manfaatkan untuk menghadapi pandemi ini yakni Internet Marketing. Saat ini, hampir semua bisnis harus belajar mengenai Internet Marketing.

Oleh karena itu, perlu adanya penyesuaian branding bisnis kita terhadap segala metode yang ada agar bisnis kita bisa bertahan lebih baik kedepanya.

Jika dulu bisnis kita masih melayani secara offline, saat ini kita harus memulai branding untuk melayani orang secara offline dan online.

“Bahkan saat ini, orang yang tidak punya email, harus punya email, yang tidak punya youtube, harus punya youtube…” ujar Dadik.

Internet Marketing bisa menjadi metode yang pas untuk menghadapi pandemi ini, “online jauh lebih mudah, saya offline dulu kenal maksimal dengan 20 orang, tapi saat online saya bisa berkenalan lebih dari 50 orang. Hanya butuh waktu untuk belajar sedikit.”

Saat ini, kita harus bisa melayani konsumen sebaik mungkin untuk branding kita, dengan cara offline maupun online.

“Tahta tertinggi sebuah branding adalah loyalty.” -Dadik Wahyu Chang

 

Penulis: Achmad Faridul Himam

 

Baca juga:

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button