Desain ProdukIndustri Kreatif

Perangi Penyebaran Covid-19, Polresta Malang Kota Luncurkan Dispenser Masker

Indiekraf.com-Agar virus covid-19 tak makin menyebar luas sekaligus mendispilinkan warga masyarakat, terobosan terbaru digagas oleh pihak Polresta Malang Kota dengan meluncurkn inovasi yakni dispenser masker dan hand sanitizer pada Kamis (14/10/21) di Mapolresta Malang.

“Ini salah satu implementasi perintah bapak Kapolda Jatim yang kami laksanakan yaitu Polri secara konsisten akan terus mendukung pemerintah dalam upaya penanganan Covid-19,” terang AKBP Budi Hermanto melansir dari kominfo.jatimprov.go.id.

Lebih lanjut, Kapolresta Malang Kota juga mengungkapkan bahwa inovasi ini pihaknya bekerjsama langsung dengan pihak universitas Brawijaya malang dalam hal ini Fakultas Teknik UB.

Masih menuurt Budhi Hermanto, Dispenser masker ini adalah box yang berisikan masker dan juga hand sanitizer. Dispenser hasil karya mahasiswa Fakultas Teknik mengusung teknologi ‘NO Touch’ alias tanpa sentuh.Tinggal teapak tangan dihadapkan ke arah tombol, maka masker bisa keluar dengan sendirinya.

Baca juga:

“Begitu juga dengan hand sanitizer, masyarakat bisa menggunakan hand sanitizer tanpa memencet tombol dispensernya,”tambah mantan Kapolresta Batu kepada awak media.

Sementara itu, dekan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, Hadi Suyono menyambut dengan baik ide Kapolresta Malang Kota yang telah berupaya memberikan pelayanan kepada masyarakat serta peduli dengan karya mahasiswa di kampusnya.

”Pada prinsipnya kami sangat welcome sekali dengan inovasi berbasis teknologi kompetensi yang berkaitan dengan engineering. Apalagi ide ini matching antara keperluan masyarakat dengan ilmu teknologi di perguruan tinggi,” kata Hadi Suyono.

Menurut Hadi, cara kerja dispenser ini ada dua sensor input yaitu sensor masker untuk mengeluarkan dan sensor kedua Hcsr. Jika terdeteksi jarak 5 cm, maka alat akan mengeluarkan masker dan cairan hand sanitizer. Sementara sisa masker dan hand sanitizer bisa ditampilkan di layar counter dispenser.

Untuk diketahui, dispenser masker memiliki kapasitas 70 masker dan 50 ml hand sanitizer, akan ditempatkan di 3 titik Kota Malang yakni di depan Taman Krida Budaya Jl. Suhat, depan Pos Polisi Samapta Alun-Alun, dan di pelayanan publik Mako Polresta Malang kota.

Related Articles