Digital KreatifIndustri KreatifInsightKabar KreatifMusikPelaku Kreatif

Perusahaan Manajemen Justin Bieber Dibeli Label Musik Dari Korea Selatan HYBE

Indiekraf.com – Industri kreatif di Korea Selatan semakin menunjukkan kehebatan mereka dengan mencoba untuk menguasai pasar Amerika Serikat. Hal ini dilakukan oleh perusahaan label rekaman HYBE yang menaungi boygroup BTS dimana mereka resmi membeli perusahaan manajemen asal AS yang menaungi musisi papan atas seperti Justin Bieber.

Label rekaman Big Hit Entertainment yang kini bernama HYBE tersebut telah mengeluarkan dana senilai 1,05 miliar dollar Amerika Serikat atau sekitar 15 triliun rupiah untuk membeli perusahaan Ithaca Holdings LLC. Perusahaan yang saat ini dipimpin oleh Scooter Braun tersebut telah menaungi artis-artis besar seperti Justin Bieber, Ariana Grande, dan Demi Lovato. Dengan demikian, industri kreatif musik di Korea Selatan akan memiliki potensi yang lebih besar untuk menguasai pasar lagu internasional.

Baca juga YouTube Originals Beberkan Rahasia Kesuksesan Musik Korea Melalui Serial K-Pop Evolution

Sebagai bagian dari kesepakatan, Scooter Braun dan para musisi lainnya akan bergabung dengan dewan direksi HYBE. Kesepakatan itu juga mencakup anak perusahaan Ithaca Big Machine Label Group, yang dijalankan oleh Scott Borchetta.

Big Hit Entertainment ganti nama menjadi HYBE (Foto via ibighit.com)
Big Hit Entertainment ganti nama menjadi HYBE (Foto via ibighit.com)

Dikutip dari www.theguardian.com, CEO HYBE, Bang Si-Hyuk, mengatakan bahwa pengambilan keputusan tersebut merupakan sebuah tanda awal dari petualangan baru bagi industri musik Korea Selatan yang tidak dapat dibayangkan oleh siapa pun. Ia mengatakan bahwa kedua perusahaan akan bekerja sama untuk menciptakan sebuah sinergi yang kuat dan mendobrak hambatan budaya. Kerjasama ini akan menciptakan paradigma baru dalam industri musik dunia.

Baca juga 5 Rekomendasi Drama Korea yang Bertema Industri Kreatif, Ada Yang Lagi Digandrungi Warganet

Scooter Braun mengatakan bahwa kesepakatan ini akan membuka peluang global bagi para artis dan musisi yang terlibat. “Ini adalah kesempatan bagi kami untuk membuat sejarah dan terus berinovasi di industri musik serta merevolusi permainan itu sendiri,” ujarnya.

Seperti yang kita ketahui, HYBE telah berhasil membantu mempopulerkan para artis mereka hingga pasar internasional. Salah satu contoh yang paling terlihat adalah dengan populernya boyband BTS. Grup yang beranggotakan RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook tersebut telah mendapatkan banyak prestasi. Mereka berhasil menjadi artis Asia pertama yang menjadi nomor 1 di tangga musik Amerika Serikat setelah Kyu Sakamoto pada tahun 1963.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] BTS’s Korean record label buys Justin Bieber management company

Related Articles