Acara KreatifFotografiIndustri KreatifKabar KreatifPelaku KreatifSeni PertunjukanSeni Rupa

PFI Jakarta Adakan Pameran”Rekam Jakarta 2019-2020″ Di Tengah Pandemi

Indiekraf.com – Telah hadir salah satu pameran karya anak negeri. Pameran Rekam Jakarta hadir untuk kamu para pecinta fotografi. Tak hanya menyuguhkan beberapa karya fotografi, pameran ini ternyata juga sekaligus menjadi ajang untuk menerbitkan buku foto nya.

Pameran Rekam Jakarta sendiri merupakan sebuah program tahunan yang dibuat oleh Pewarta Foto Indonesia (PFI) Jakarta dengan tajuk ‘Pameran Rekam Jakarta 2019 – 2020’. Acara ini diselenggarakan dengan harapan besar agar pameran foto ini bisa menjadi tempat apresiasi serta silaturahmi bagi para anggota PFI sendiri. Acara yang dimulai dengan pembukaan serta pemberian donasi di tanggal 4 Desember 2020 kemarin cukup mengundang perhatian masyarakat, terutama warga Jakarta. 

Pembukaan acara juga dilangsungkan melalui Live Instagram dari akun resmi @pfijakarta. Ajang pameran ini memang cukup unik karena lokasi penyelenggaraannya pun terletak di tempat terbuka yaitu di Thamrin 10, Jakarta Pusat. Dalam pameran ini terdapat beberapa foto-foto tentang Kota Jakarta yang disebut oleh para anggota PFI sebagai foto metro. 

Meskipun di tengah situasi yang cukup sulit, semangat rekan-rekan PFI tak lantas menjadi surut. PFI sendiri mengakui bahwa ini merupakan pertama kali pameran foto digelar di tengah masa pandemi serta dilangsungkan secara tatap muka di Jakarta. Namun, pihaknya menegaskan bahwa lokasi diselenggarakannya pameran dan karya yang disuguhkan pun sudah dilakukan sterilisasi dengan desinfektan. Pengunjung yang datang hanya perlu masuk ke lokasi pameran dengan penerapan 3M. 3M sendiri merupakan singkatan dari protokol kesehatan yaitu Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak. 

Baca Juga 3 Fakta Tentang Film Stand by Me Doraemon 2 yang Segera Rilis

 

PFI juga menyebutkan bahwa di tahun 2020, foto yang lolos kurasi sekitar 132 foto dari 89 fotografer yang juga merupakan anggota PFI Jakarta. Melalui unggahan Instagram resmi PFI, mereka menuliskan “Terimakasih untuk rekan-rekan Pewarta foto yang sudah ikut berpartisipasi pada pameran rekam Jakarta 2019 – 2020 dan terima kasih juga kepada tamu undangan yang hadir.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pun turut mengucapkan selamat serta rasa terimakasih nya pada rekan-rekan PFI. Hal itu ia ucapkan dan diunggah langsung di Instagram PFI Jakarta. “Teman-teman Pewarta Foto Indonesia saya sampaikan terimakasih, ini bisa menjadi dokumen bersejarah. Ini adalah sejarah yang akan diingat dan dirujuk oleh generasi masa depan. Foto ini akan menjadi sejarah tentang generasi kita dan kota kita di masa pandemi. Ini adalah dokumen berharga, pameran yang  penting dan bisa menjadi rujukan kedepannya. Saya ingin ingatkan pada semua, pastikan protokol kesehatan diterapkan agar  memastikan tidak menjadi tempat penularan. terimakasih untuk PFI selamat pameran!” ucap Anies.

Related Articles