Desain ProdukIndustri Kreatif

Piaggio Indonesia Bangun Pabrik, Vespa Jadi “Made In Cikarang”?

Indiekraf.com – Siapa yang tak suka dengan motor Vespa? Kendaraan dengan model yang unik ini memang banyak digemari oleh banyak masyarakat Indonesia maupun luar negeri. Modelnya yang seperti scooter itulah yang jadi ciri khas mereka. Kabarnya, kini Vespa bakalan jadi “Made in Cikarang” karena Piaggio Indonesia kini tengah membangun pabrik mereka. Kira-kira bakal ada perubahan apa ya kalau Piaggio Indonesia sekarang bangun pabrik baru di Cikarang?

Piaggio Indonesia Bangun Pabrik, Vespa Jadi “Made In Cikarang”?

Salah satu perusahaan otomotif internasional, Piaggio, membangun pabrik baru mereka di Indonesia. Piaggio Indonesia kabarnya membangun pabrik baru mereka di kawasan Cikarang, Jawa Barat. Peletakan batu pertama dari bangunan tersebut juga sudah dilakukan pada hari Selasa (9/11/21) lalu nih. Harapannya, pembangunan pabrik tersebut bisa segera selesai di kuartal keempat tahun 2022 mendatang.

Pabrik di kawasan Cikarang ini dikabarkan memiliki luas sekitar enam hektar. Besarnya lahan tersebut bisa juga dipengaruhi oleh besarnya antusiasme masyarakat lokal terhadap produk otomotif mereka. Kapasitas produksi yang ditargetkan oleh pihak mereka bahkan mencapai 10 ribu unit per tahunnya lho. Selain itu, mereka juga digadang akan memulai proses produksi di tahun depan.

Besarnya Antusiasme Warga Indonesia terhadap Motor Vespa

Marco Noto La Diega selaku Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia juga angkat bicara terkait hal ini. Menurutnya, Indonesia merupakan negara penggemar Vespa terbesar di dunia nomor dua. Pada urutan pertama ternyata diduduki oleh Italia sebagai negara yang memiliki penggemar Vespa terbanyak. Melihat fenomena ini, perusahaan tersebut pun terdorong untuk membuka pabrik di Tanah Air nih.

Selain itu, ternyata pembangunan dari pabrik ini juga bisa membawa dampak positif di dunia industri otomotif Indonesia lho. Sebelumnya, Piaggio sudah pernah memiliki pabrik di Tanah Air di tahun 197-an. Akan tetapi, pada tahun 1998 pabrik tersebut terpaksa tutup lantaran adanya krisis moneter. Dikutip dari Antara, Marco menjelaskan sejarah tersebut. “Melalui sejarah panjang di Indonesia, saya yakin para penggemar Vespa di Indonesia dan mengisi posisi kedua setelah Italia. Ini fakta sederhana, tapi menegaskan bahwa Italia dan Indonesia memiliki kegemaran yang sama,” ungkapnya. 

Baca Juga Vespa Picnic Limited Edition Jadi Skuter Klasik dan Ceria

Related Articles