Acara KreatifAplikasi Digital dan GameIndustri Kreatif

Program Inkubasi & Pendanaan untuk Pelaku Industri Kreatif

Pendanaan Industri Kreatif dan Inkubasi serta mentoring saat ini dibutuhkan untuk membantu para Startup Menghadapi Krisis saat ini.

Indiekraf.com – Salah satu hal terpenting dalam pengembangan industri kreatif khususnya sebuah startup digital adalah sumber daya manusia (SDM) dan pendanaan (Funding). Hal ini tidak lepas karena salah satu ciri khas dari startup yakni perusahaan rintisan yang fokus pada inovasi dan *growth hacking*. Pendanaan untuk Industri Kreatif sangat penting terutama karena imbas pandemik covid19 saat ini.

Jadi tidak salah jika salah satu hal yang paling ditunggu oleh para founder startup adalah program inkubasi dan pendanaan startup.

Untuk itu Indiekraf merangkum beberapa program inkubasi dan pendanaan Startup yang bisa diikuti selama masa pandemic di tahun 2020 ini :

1. Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) BAPAREKRAF

Dalam rangka meningkatkan kapasitas usaha dan/atau produksi dari pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif, Kemenparekraf/Baparekraf melalui Deputi Bidang Industri dan Investasi akan memberikan Bantuan yang memiliki karakteristik Bantuan Pemerintah yang ditetapkan oleh Pengguna Anggaran (PA) dalam bentuk penambahan modal kerja dan/atau investasi aktiva tetap.

Peserta diharuskan memilih salah satu dari 2 (dua) kategori, yaitu Reguler dan Afirmatif. Peserta memilih kategori yang sesuai kondisi, persyaratan dan kriteria usahanya. Peserta dibatasi pada 6 (enam) subsektor ekonomi kreatif yakni aplikasi, game developer, kriya, fesyen (ready to wear), kuliner, film, serta sektor pariwisata (khusus untuk usaha homestay dan 13
jenis usaha pariwisata yang berada di lokasi desa wisata)

Besaran bantuan BIP ini mencapai 200 Juta untuk kategori Reguler (berbadan usaha) dan 100 Juta untuk kategori afirmatif (belum berbadan hukum).

Pendaftaran : https://bip.kemenparekraf.go.id/

View this post on Instagram

Kemenparekraf akan salurkan Bantuan Insentif bagi para pelaku usaha Ekonomi Kreatif dan Pariwisata (parekraf). Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) adalah program bantuan penambahan modal kerja untuk meningkatkan kapasitas usaha/produksi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif untuk 6 subsektor parekraf. Simak syarat dan ketentuannya dan daftarkan usahamu segera di: bip.kemenparekraf.go.id Pendaftaran dibuka mulai 9 Juli – 7 Agustus 2020 Untuk info lebih lanjut kamu bisa gunakan fitur live chat di website: bip.kemenparekraf.go.id —- Penasaran detail diskusinya? Cek siaran ulang sosialisasi BIP 2020 di Youtube Kemenparekraf ✨✨✨ #BIP #BantuanInsentifPemerintah #BersamaJagaIndonesia #thoughtfulindonesia

A post shared by Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (@kemenparekraf.ri) on

2. INDIGO Creative Nation

INDIGO CREATIVE NATION adalah Sebuah perwujudan nyata dari Telkom Indonesia dalam mendorong pertumbuhan industri digital melalui program-program Incubator dan Accelerator Startup Digital Indonesia, dari mulai tahapan pra inkubasi (ideation) hingga ke akses pendanaan (funding).

Tahun ini indigo incubator terdapat 2 batch. Batch pertama sudah dilaksanakan pada bulan Mei – Juli 2020. Batch kedua biasanya dilaksanakan di quartal keempat (September – November 2020).

Pada batch pertama 2020, 18 startup lolos untuk mendapatkan pendanaan dan inkubasi dari Telkom Indonesia.

Link Pendaftaran : indigo.id

3. Telkomsel Incubator Center (TINC)

Berbeda dengan NextDev, Telkomsel membuka program Tinc (Telkomsel Innovation Center) corporate accelerator. Tinc sendiri sedang membuka kesempatan kepada startup pada stage prototype, MVP ready, atau market entry.

Dengan bergabung di program Tinc, selain pendanaan dan mentorship, selama masa inkubasi dan akselerasi team akan diberikan fasilitas pendukung seperti innovation lab serta market access yang luas.

Link Pendaftaran : tinc.id

View this post on Instagram

#Repost @dilomalang Hai para startup dan innovator Indonesia,⁣ ⁣ Saat ini Tinc (Telkomsel Innovation Center) corporate accelerator sedang membuka kesempatan kepada startup pada stage prototype, MVP ready, atau market entry, untuk bisa ikut bergabung bersama kami di Tinc Batch 5!⁣ ⁣ Raih kesempatan terbaik untuk bisa mengakselerasikan solusimu ke market bersama Telkomsel. Dengan bergabung di program Tinc, selain pendanaan dan mentorship, selama masa inkubasi dan akselerasi team kamu akan diberikan fasilitas pendukung seperti innovation lab serta market access yang luas. ⁣ ⁣ submit your idea through our website tinc.id⁣ and follow us on⁣ Instagram : @tinc.id⁣ Twitter : @tinc_id⁣ Linkedin : @tinc.id⁣ ⁣ Let's Collaborate to Accelerate!⁣ #tincbatch5 #tincopenbatch

A post shared by Indiekraf Indonesia (@indiekraf) on

4. Indonesian Funding Festival (IDFF)

Indonesia Fund Fest kembali dengan Edisi ke-4 yang dijadwalkan pada 12 September 2020. sebagai tanggapan terhadap kebutuhan para wirausahawan yang memiliki ide-ide cemerlang tetapi telah memiliki kebutuhan untuk menjadi dibimbing & dilatih untuk aspek keuangan mereka dengan lebih banyak keterlibatan investor, telah mendorong IDFF untuk meluncurkan program intensif yang mencakup semua itu.

Untuk pertama kalinya, Indonesia Fund Fest meluncurkan IDFF
Bootcamp untuk membuat perusahaan Siap & Mempercepat jalur mereka untuk Pendanaan. Ini akan dilakukan oleh para pakar bisnis internal dan memiliki fitur khusus dari investor eksternal yang bergabung dalam setiap sesi untuk membimbing & melatih wirausahawan melalui siklus investasi.

Link Pendaftaran : www.Indonesiafundfest.com

View this post on Instagram

If you have an idea, a business in early stage, a bootstrapped startup, a small company ready to scale up, a product in MVP stage, a well experienced team solving problem on ground, a patented product, a behaviour changing product, or a simple idea solving problems related to basic needs of food, clothing & shelter and have been seeking ways to raise funds from investors, then this platform is 𝐉𝐔𝐒𝐓 𝐟𝐨𝐫 𝐘𝐎𝐔.⁣ ⁣visir our website 𝘪𝘯𝘥𝘰𝘯𝘦𝘴𝘪𝘢𝘧𝘶𝘯𝘥𝘧𝘦𝘴𝘵.𝘤𝘰𝘮 to register now! ⁣ ⁣⁣ ⁣ ⁣ #Investor #startup #startuplife #startupindonesia #entrepreneur #pitch #ceo #webinar #bussinessexpert #fundraising #youngentrepreneur #startupfunding #startupfounders #investorrelation #startupindonesia

A post shared by Indonesia Fund Fest (@idfundfest) on

5. MIKTI Start

MIKTI Start hadir sebagai program inkubasi virtual melalui platform web. Program ini akan memberikan pendampingan bagi startup baru agar bisnis yang sedang dirintis dapat berkembang kuat di masa yang akan datang. ⠀⠀

MIKTI (Indonesia Digital Creative Industry Community) sendiri adalah organisasi nirlaba yang berfungsi sebagai tempat berkumpulnya semua orang yang menaruh perhatian pada pengembangan Industri Kreatif Digital di Indonesia. MIKTI didirikan pada 16 Desember 2008.

Link Pendaftaran : start.mikti.id

View this post on Instagram

Ikuti program inkubasi virtual MIKTI Start! ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Memanggil kepada semua Startup Founders! ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Dapatkan dukungan lengkap untuk proses inovasi yang dilakukan oleh startupmu, bersama para mentor yang berpengalaman pada program inkubasi virtual MIKTI Start yang dapat diikuti dari mana saja dan kapan saja. ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ MIKTI Start adalah program inkubasi bisnis yang dilakukan secara virtual melalui platform website. MIKTI Start membantu founders dalam membangun startup yang andal melalui pendampingan proses inovasi, mentoring, akses kepada pendanaan dan mitra strategis serta masih banyak lagi bentuk dukungan lainnya. ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Segera daftarkan diri dan startup kamu untuk menjadi peserta porgram Mikti Start dengan cara registrasi melalui laman: https://start.mikti.id/ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ For more info, contact: Dayu 082169784988 ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ #incubator #startup #startupincubator #business #starthubincubator #businessaccelerator #startupindonesia #MIKTIStart #MIKTI

A post shared by MIKTI (@infomikti) on

Jadi, para founder silahkan nih dicoba peruntungannya di program inkubasi / pendanaan diatas. Siapa tahu startup kamu punya potensi dan bisa dapat funding dan acceleration dari beberapa program diatas.

Baca Juga : Tips Mencari Ide Kreatif untuk Produk Startup #IndiekrafInsight

Tag
Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button
Close
Buka WA
Halo Sobat Kreatif ! Yuk Kolaborasi bareng indiekraf.com