Aplikasi Digital dan GameIndustri KreatifKabar Kreatif

PUBG Tambah Fitur Baru untuk Batasi Waktu Bermain Gim

Bermain gim nampaknya sudah menjadi hobi banyak orang. Ditambah lagi, saat ini sudah banyak gim yang bisa diunduh di telepon seluler. Dengan kemudahan tersebut, masyarakat seakan memiliki waktu yang tak terbatas untuk bermain gim. Tentunya, hal ini memiliki dampak positif dan negatif. Salah satu dampak negatif dari bermain gim terlalu lama adalah berkurangnya fungsi penglihatan karena mata menjadi lelah. Untuk mengatasi hal ini, PUBG memberikan fitur baru yang cukup menarik.

PUBG Mobile adalah salah satu gim favorit yang banyak diunduh masyarakat luar maupun dalam negeri. PUBG saat ini menambahkan fitur baru dalam gimnya yang bernama Healthy Gameplay System. Sistem atau fitur ini digadang akan memberi permainan yang cukup intensif namun tetap kompetitif. Dengan begitu, diharapkan pemainnya mampu bermain dengan seimbang namun tetap mengedepankan tanggung jawab.

Percobaan dari fitur ini sendiri sudah dilakukan sejak bulan Maret tahun ini. Percobaan dimulai di India dan saat ini akan mulai masuk ke Indonesia. Dalam sistem baru ini, akan terdapat pesan berisi peringatan kesehatan. Peringatan kesehatan tersebut tentu berhubungan dengan lama waktu bermain si player. Hal ini bertujuan untuk mengingatkan pemain terkait pengaruh lama bermain dengan kesehatannya.

Baca Juga Ekonomi Kreatif, Solusi Anak Muda Hadapi Era Industri 4.0?

 

Dikutip dari medcom.id, Head of PUBG Mobile eSports Asia Tenggara, Gaga Lie memberikan pernyataan terkait hal tersebut. “Kami memperkenalkan sistem gameplay yang sehat di Indonesia untuk mempromosikan game yang seimbang dan bertanggung jawab” ucapnya. “termasuk membatasi waktu bermain untuk pemain di bawah umur” tambahnya kembali.

Jika pemain login pada smartphone, fitur Healthy Gameplay System akan muncul. Selain itu, fitur ini akan menanyakan usia dari calon pemain. Hal ini disambung dengan memilih jawaban “Ya” atau “tidak” saat pertanyaan apakah calon pemain memiliki usia dibawah 18 tahun. Kemudian, calon pemain harus membaca catatan tentang bermain gim yang sehat.

Cara kerja dari sistem baru ini adalah dengan mengingatkan di waktu tertentu. Jika permainan telah berlangsung selama 4 jam dalam 1 hari, maka pemain di atas 18 tahun bisa melanjutkan permainan. Bagaimana dengan usia pemain di bawah 18 tahun? Notifikasi untuk mengingatkan pemain beristirahat akan muncul 5 detik. 

Fitur ini akan bekerja dalam 2 sistem pengingat waktu yang berbeda. Pertama, apabila pemain telah bermain selama total 4 (empat) jam dalam sehari, maka pemain yang berusia di atas 18 tahun, dapat terus melanjutkan permainannya.

 

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button