Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri Kreatif

Rating Facebook ‘Terjun’, Karena Israel dan Palestina?

Indiekraf.com – Beberapa waktu lalu, rating dari salah satu aplikasi media sosial sempat mengalami penurunan. Media sosial itu tak lain adalah Facebook. Pada Google Play Store maupun Apple Store, penilaian aplikasi ini mengalami penurunan tajam. Kira-kira apa alasan rating Facebook menurun?

 

Rating Facebook ‘Terjun’, Karena Israel dan Palestina?

Di tengah konflik antara Israel dan Palestina, ada banyak hal yang terpengaruh dari konflik tersebut. Belum lama ini, rating Facebook mengalami penurunan drastis. Angka penilaian yang mereka dapatkan bahkan mencapai angka 1,1 lho. Penurunan penilaian tersebut bahkan terjadi di Apple Store dan Google Play Store. 

 

Adanya penurunan rating dinilai karena adanya konflik dari Israel dan Palestina. Banyak dugaan dari para pengguna media sosial mengenai hubungan antara konflik tersebut dengan aplikasi Facebook. Tak hanya itu, dugaan mengenai biasnya media sosial ini dalam menangani isu dunia tersebut.

 

Pembela Palestina Merasa ‘Dibungkam’ Suaranya

Dalam konflik yang sedang terjadi, Facebook dinilai kurang ‘becus’ dalam menangani isu tersebut. Hal itu tak lain karena pihak mereka tampaknya ‘sengaja’ memblokir akun-akun dan data terkait berita tersebut. Dengan itu, banyak pengguna media sosial memberikan penilaian bintang satu untuk aplikasi ini. 

 

Masyarakat, terutama pembela Palestina, merasa geram dengan adanya kebijakan Facebook yang seakan ‘membungkam’ mereka. Pendukung Palestina memang tak jarang menggunakan tagar yaitu #FreePalestine dan #GazaUnderAttack untuk memberikan awareness mengenai isu ini. Akan tetapi, aplikasi tersebut justru tampak menghilangkan beberapa pengguna yang menggunakan tagar tersebut.

 

Rating Facebook Turun dan Jadi Masalah Internal

Adanya penurunan drastis dari rating Facebook membuat masalah besar secara internal. Ulasan bintang satu yang ramai menghujani penilaian mereka membuat masalah besar bagi website. Hal ini dikutip dari NBC News dimana Facebook mengkategorikan masalah ini sebagai Severity 1

 

Salah satu senior software engineer menuliskan dalam internal message board di Facebook.  “Kepercayaan pengguna menurun dengan adanya isu antara Israel dan Palestina,” tulisnya. “Pengguna kami kecewa oleh penanganan kami atas situasi ini. Mereka merasa bahwa mereka disensor, punya distribusi yang terbatas, dan terbungkam. Hasilnya, pengguna kami mulai protes dengan memberi ulasan bintang satu.” lanjut pihaknya.

 

Baca Juga Terus Berinovasi, Facebook Ciptakan Fitur Podcast

 

Related Articles